vitamin B1

Vitamin B1

Vitamin B1

Vitamin B1 atau biasa juga disebut dengan Thiamin merupakan anggota dari Vitamin B kompleks yang larut di dalam air. Vitamin B kompleks seperti Thiamin mudah diserap dan dicerna namun tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama di dalam tubuh. Oleh sebab itu, zat penting ini harus dikonsumsi secara teratur agar tubuh tetap sehat. Walaupun Thiamine terkandung di beberapa sumber makanan, senyawa ini mudah hancur karena panas. Thiamin merupakan salah satu jenis vitamin penting untuk menjaga kesehatan tubuh karena dapat membantu menghindari beberapa macam vitamin.

Thiamin diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan energi, menyimpan lemak, menjaga fungsi sistem saraf, dan juga memelihara otot jantung. Bentuk murni dari vit B1 adalah Tiamin Hidroklorida. Perlu diketahui bahwa senyawa ini adalah satu-satunya vitamin yang ditemukan pertama kali di Indonesia yakni pada tahun 1897 oleh Eijkman, seorang sarjana Belanda yang berhasil menemukan fakta bahwa kulit ari pada beras bisa mencegah penyakit beri-beri. Setelah penemuan tersebut, Grijns, teman Eijkman menginterpretasikan penemuan Eijkman dan kemudian disempurnakan Donath dan William, orang pertama yang berhasil mengisolasi senyawa kompleks ini dalam bentuk kristal dan kemudian menamainya Thioamine. Pemberian nama ini didasarkan pada senyawa sulfur di dalam vitamin tersebut.

Jika dibandingkan dengan vitamin lainnya, senyawa organik kompleks ini lebih stabil dan mudah dileburkan. Manfaat dari vitamin B1 di antaranya adalah mencegah penyakit Polyneuritis, menjaga kesiagaan mental, mencegah beri-beri, membantu kinerja sistem pencernaan tubuh, mengurangi resiko terkena gigitan serangga, dan melindungi pertumbuhan janin.

Vitamin B1 tidak mampu disimpan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak karena jika vitamin ini dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak, kelebihan vitamin ini akan dibuang lewat urine. Sementara ada sebagian kecil dari senyawa ini yang akan tersimpan di dalam organ-organ penting di dalam tubuh seperti ginjal, hati, otak, jantung, dan otot.
Kekurangan senyawa ini dapat berdampak buruk pada kesehatan seperti mengurangi daya ingat, kehilangan nafsu makan, dan dapat menimbulkan insomnia. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena senyawa penting untuk tubuh ini terkandung di dalam berbagai macam makanan. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung vitamin B1.

vitamin B1

Daging
Daging di dalam kemasan kalengan ternyata mengandung sebanyak 0,9 mcg . Kadar ini lebih tinggi daripada Tiamin pada buah dan sayuran. Selain itu, jeroaan ternyata juga mengandung Tiamin cukup banyak misalnya hati sapi. Daging yang rendah lemak biasanya mengandung Thiamin dengan kadar yang lebih banyak.

Ikan
Salah satu jenis ikan yang banyak mengandung Thiamin adalah ikan tuna. Dalam 4 ons ikan tuna mengandung 0,57 mcg Thiamin. Kadar ini setidaknya mampu memenuhi 38 persen kebutuhan harian Thiamin untuk tubuh. Dengan demikian, Anda bisa banyak mengkonsumsi ikan untuk memenuhi kebutuhan Thiamin. Sementara itu, ikan Kuwe mengandu 0,45 mcg Thiamin dalam setiap sajian 100 gramnya. Ikan salmon juga mengandung Thiamin dengan kadar hampir sama dengan ikan tuna. Selain itu, bagi orang-orang yang tidak suka mengkonsumsi ikan biasanya dapat menggantinya dengan minyak ikan. Minyak ikan berperan sebagai supplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan Thiamin di dalam tubuh.

Telur
Makanan ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Ternyata telur dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan Yhiamin. Satu telur yang dimasak mengandung sebanyak 0,03 mcg Thiamin.

Biji-Bijian
Beberapa jenis biji-bijian seperti kacang tanah, kacang kenari, kacang kering, kacang brazil, kacang kismis, dan kacang kering termasuk makanan yang banyak mengandung Thiamin. Namun, jika kacang-kacangan tersebut direbus atau dimasak, makanan ini akan kehilangan sekitar 30 persen dari kandungan Thiamin alaminya. Oleh sebab itu, kacang-kacangan dapat dkonsumsi secara langsung agar mendapatkan Thiamin secara maksimal. Sama halnya dengan biji bunga matahari, setiap 100 gram biji bunga matahari mengandung 1,48 mcg Thiamin.

Buah-Buahan
Beberapa jenis buah-buahan ternyata banyak yang mengandung vitamin B1. Buah-buahan yang diketahui banyak mengandung Thiamin di antaranya adalah nanas, anggur, jeruk, dan semangka. Di antara buah-buahan tersebut, buah yang kadar Thiaminnya paling tinggi adalah buah nanas dimana dalam setiap 100 gram buah nanas mengandung 0,08 mcg Thiamin.

sumber gambar : http://bit.ly/1bjSLsi