Telur

Siapa sih yang tidak pernah makan telur? Dari anak-anak sampai orang dewasa pasti pernah makan telur. Si bundar nikmat ini selain rasanya lezat dan mudah diolah, ternyata juga memiliki kandungan gizi penting bagi tubuh kita. setiap butirnya mengandung zat-zat gizi bernilai tinggi, zat gizi utama, seperti protein kualitas tinggi dengan komposisi terdiri dari asam-asam amino esensial yang lengkap dalam jumlah banyak. Selain itu, juga banyak mengandung beberapa jenis zat mineral seperti kalsium, zat besi,magnesium, fosfor,potasium,sodium,dan aneka vitamin khususnya vitamin A,B1,B2,B3,B6,B12,biotin dan vitamin D. Walaupun kaya akan vitamin dan zat besi, ternyata terdapat perbedaan manfaat diantara putih dan kuningnya.

Putih telur

Kaya protein

Kekayaan protein pada telur sebagain besar memang terdapat pada bagian putihnya. agar tidak merusak protein pada putih telur ini, sebaiknya mengolah dengan cara direbus, daripada digoreng.

Non-kolesterol

Di setiap butirnya terdapat 213 mg kolestrol yang terkandung di dalam putih telurnya. Karena itu, bagi anda yang mempunyai kadar kolestrol yang tinggi sebaiknya konsumsi putih telurnya saja.

Rendah kalori

Kandungan kalori dalam telur adalah sebesar 71 kalori, apabila kita tidak mengkonsumsi kuningnya, maka kita telah membuang 55 kalori. Sehingga, kalori yang tersisa hanya 16 kalori.

Manfaat untuk kecantikan

Di bagian putihnya terdapat zat yang mampu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, serta mengatasi dan mencegah datangnya jerawat. Kandungan vitamin didalamnya dapat pula meningkatkan aliran darah. Kandungan zar besinya pun juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatur hormon.

telur

Kuning telur

Obat tradisonal

Kandungan vitamin A yang begitu kaya, dapat digunakan untuk mengobati beberpa penyakit seperti luka paru-paru,ginjal,dan kencing manis, namun tidak jarang pula bagian kuningnya ini dijadikan bahan campuran untuk jamu, karena dipercaya dapat menambah stamina.

Kecantikan

Selain untuk kesehatan si kuning ini dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, masker, mencegah keriput-keriput diwajah, dan kulit kusam. pastinya membuat penampilan wanita menjadi semakin menawan.

Meningkatkan testosteron

Trace mineral didalam makanan yang satu ini memang tidak mudah di dapat di makanan lain, dan terbukti dapat membantu pria untuk meningkatkan hormon laki-lakinya.

Kesehatan mata

Karotenoid lutein dan zeaxanthin terdapat di dalam kandungan kuningnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Karotenoid merupakan pemberi pigmen warna kuning pada telur dan dipercaya dapat menurunkan resiko age-related degeneration, katarak, dan melawan radikal bebas yang merusak retina.

Kaya mineral

Kuning telur mengandung 13 jenis mineral, diantaranya adalah kalsium, magnesium, besi,potasium,sodium,dan selenium dengan fungsi sebagai pengelola fungsi tubuh dan menyeimbangkan elektrolit.

Kaya zat besi

Zat besi didalam kuning telur sangat bagus bagi wanita, terutama wanita hamil yang cenderung memiliki hemoglobin rendah, sehingga kuning telur dapat menjadi asupan gizi yang baik.

Namun dalam mengkonsumsi telur pelu diperhatikan beberapa hal berikut :

  • Kuning telur mengandung kolestrol yang tinggi, sehingga dianjurkan bagi orang yang menderita kolestrol tinggi terutama para lansia, agar membatasi konsumsi kuning telur.
  • Mengonsumsi telur juga harus diimbangi dengan konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan agar dapat menangkal kolestrol jahat.
  • Sebaiknya masak telur setengah matang agar protein yang dimiliki telur dapat diserap tubuh dengan baik.
  • Jangan berikan telur kepada anak dengan usia dibawah 9 bulan, karena dapat mengakibatkan alergi pada kulit yang disebabkan berat molekul telur.

Sumber gambar : http://www.esempoi.com/wp-content/uploads/2011/04/telur-rebus.jpg

Related Keyword: