Senam Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil, biasanya ikut mengambil senam ibu hamil untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan janin, serta membantu memperlancar proses persalinannya kelak. Latihan selama kehamilan dapat meningkatkan tingkat energi Anda selama kehamilan, mengurangi rasa sakit selama masa kontraksi, serta meningkatkan kesempatan untuk melahirkan secara normal dan mempercepat kondisi pemulihan kesehatan paska melahirkan. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai program latihan senam hamil untuk menjamin keamanan Anda dan bayi Anda.

PEDOMAN LATIHAN
Latihan rutin dapat dilakukan selama masa kehamilan. Selain itu, tidak lupa untuk tetap mengkonsumsi 300 sampai 500 tambahan kalori setiap hari untuk memastikan tubuh memiliki cukup energi untuk mendukung kehamilan serta latihan rutin yang dijalankan. Sisipkan waktu sekitar 5 – 10 menit untuk pemanasan dan pendinginan dalam latihan sehingga memungkinkan tubuh untuk menyesuaikan secara perubahan pola latihan secara bertahap. Hindari hal-hal berikut: bermain olahraga kelas berat, melakukan olahraga yang menyebabkan ketegangan, mengangkat benda di atas kepala, dan kegiatan yang membutuhkan tubuh untuk membuat gerakan secara tiba-tiba. Setelah tri semester pertama, hindari latihan yang mengharuskan untuk berbaring telentang, karena hal ini dapat mengurangi jumlah aliran darah ke otak bagi calon ibu juga janin. Disarankan untuk meminum cukup air sebelum melakukan olahraga, setelah setiap 20 menit latihan, dan setelah menyelesaikan latihan.

senam ibu hamil

LATIHAN UNTUK PERSIAPAN PERSALINAN
Latihan yang dirancang untuk mempercepat proses persalinan serta mengurangi rasa sakit persalinan fokus pada penguatan dan peregangan otot-otot panggul, perut, punggung dan kaki. Hal ini biasanya dilakukan sekitar tiga hingga delapan kali pengulangan pose kegel, squat, panggul miring, dan lainnya, sebagai rutinitas olahraga harian. Lakukan Kegel dengan mengencangkan otot-otot sekitar vagina seolah-olah sedang mencoba untuk menghentikan aliran urin. Jalankan jongkok dengan berdiri dengan kaki selebar bahu, sementara mendorong pinggul belakang dan ke bawah seolah-olah sedang duduk di kursi. Mendukung keseimbangan ini dengan memegang bagian belakang kursi.

LATIHAN LAINNYA
Latihan aerobik dalam bentuk aerobik air, berenang, aerobik low impact, menari, berjalan atau menggunakan mesin latihan aerobik membantu Anda menjaga kesehatan dalam bentuk latihan ringan selama kehamilan Anda. Selain itu hal ini dapat memberikan Anda daya tahan yang dibutuhkan untuk persiapan persalinan. Jaga intensitas olahraga Anda pada tingkat yang moderat, di mana Anda masih bisa berbicara dengan orang lain sambil melakukan olahraga tersebut. Tingkat intensitas ini membantu mencegah kelelahan dan kepanasan, sementara memungkinkan Anda untuk meningkatkan tingkat kebugaran Anda. Jika Anda belum pernah berolahraga sebelumnya, mulailah dengan menjalankan 5 – 10 menit latihan, menambahkan lebih banyak waktu sebagai tingkat kebugaran Anda.

PERTIMBANGAN
Rasakan tubuh Anda ketika melakukan olahraga ini. Jika Anda merasakan nyaman dengan olahraga tersebut, lanjutkan lah secara seimbang, dan tidak berlebihan. Lakukan secara setahap-demi setahap agar tubuh tidak merasa dipaksakan oleh aktivitas olahraga Anda. Pastikan agar tidak terlalu kelelahan dan capek, karena hal ini malah akan menjadikan kondisi kesehatan yang tidak baik. Jika mengalami pusing, lemas, lesu, pendarahan vagina, sakit kepala persisten, pusing biasa, sakit dada, kontraksi, kebocoran cairan dari vagina, peningkatan sesak napas, penurunan gerakan pada janin, kelemahan otot, nyeri akut pada betis atau mengalami bengkak pada kaki bagian bawah, segeralah menghentikan olahraga dan hubungi ahli medis atau dokter terdekat segera mungkin. Hentikan juga berolahraga jika tubuh sudah mulai merasakan lelah, letih, haus, ataupun panas. Karena, yang paling diutamakan bagi seorang ibu hamil adalah hindari rasa lemah dan lelah berlebih, juga dehidrasi agar tubuh tetap memiliki kesehatan stabil. Sehingga janin akan dapat berkembang dengan baik.

Sumber gambar: http://goo.gl/d93wc

Related Keyword: