Refleksi

Banyak jalan menuju kesehatan mutlak untuk dirasakan. Jika ada sebagian orang lebih memercayai dunia medis guna menyembuhkan berbagai penyakitnya, maka tak sedikit pula yang menggemari cara pengobatan alternative. Pengobatan alternative memang kini tengah digemari, seperti bekam, akupuntur, dan pijat refleksi. Dan bahasan kali ini, akan menambah wawasan anda lebih dalam, tentang refleksi.

Mulanya, pijat refleksi bertujuan untuk mengembalikan kebugaran tubuh, setelah penat dengan aktifitas pekerjaan sehari-hari. Namun, seiring dengan perkembangannya, pijat refleksi ternyata menyimpan berbagai manfaat yang mungkin tidak kita ketahui.

Ditengok dari sejarah panjangnya, refleksi ternyata bukan datang dari Cina, melainkan dari Mesir yang merupakan penyumbang terbesar untuk pengobatan dunia. Berabad-abad lalu, putrid sang Firaun, memiliki kegemaran untuk dipijat kakinya oleh dayang pengasuhnya. Ini terbukti dari penemuan papyrus, yang didalamnya tergambarkan seorang ahli pijat tengah memijat beberapa bagian tubuh pasiennya. Dan papyrus tersebut diperkirakan dibuat pada tahun 2500 SM.

Untuk prakteknya, pijat sehat  ini menggunakan metode khusus. Dimana metode tersebut meyakini bahwa seluruh bagin tubuh merupakan satu kesatuan, yang didalamnya memiliki titik-titik syaraf. Itulah sebabnya, jika kita sakit kepala, dengan memijat bagian kaki maka sakitnya akan segera hilang.

Dari situ lah, manfaat refleksi sebagai penghilang rasa sakit dapat menggantikan obat-obatan pain killer. Beberapa manfaat lainnya untuk kita nikmati dengan metode ini antara lain :

Tekanan darah

Tekanan darah, tergantung dari seberapa besar pembuluhnya. Pola hidup yang kurang baik, akan menyebabkan tersumbatnya lorong aliran darah di dalam tubuh manusia. Bayangkan sebuah selang yang diujungnya ditutup separuhnya, tentu membuat aliran airnya menjadi kencang. Prinsip tersebut juga berlaku untuk tekananan darah. Jika salurannya tersumbat oleh limbah metabolisme, maka tekanan darah akan menjadi tinggi. Nah, dengan bantuan pijatan, penyumbatan di pembuluh tersebut bisa dikurangi, sehingga memperlancar peredaran darah, dan menurunkan tekanan darah.

refleksi

Manfaat paling besar dapat dirasakan oleh jantung, yang akan mampu bernafas lebih lega, sehingga memompa darah tanpa hambatan ke seluruh tubuh, termasuk otak. Sehingga, daya konsentrasi akan tetap terjaga secara optimal.

Relaksasi

Diyakin beberapa orang yang rutin melakukan pijat sehat ini, akan menemukan dirinya dengan kondisi mental yang lebih santai. Karena memang, rasa begal yang ada di dalam tubuh, disebabkan oleh asam laktat yang mendiami beberapa sendi kita. Dengan pijatan ringan ala refleksi, asam laktat tersebut akan luruh bersama darah, dan terbuang melalui sekresi, sehingga badan terasa segar kembali.

Mengobati masalah kesehatan

Untuk anda yang menderita nyeri punggung, sangat disarankan untuk mencoba jenis pengobatan alternative yang satu ini. Dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia, pasien pijat refleksi penderita nyeri punggung memiliki kemungkinan sembuh mencapai 45 persen lebih banyak. Hal ini, disebabkan oleh cara kerja metode ‘kuni’ ini sedikit mirip dengan akupuntur, yang mengobati lewat titik syaraf. Dari titik syaraf itu lah akan dikirimkan sinyal atau stimulus ke otak, untuk mengeluarkan senyawa yang memicu untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri.

Penyakit akut lainnya yang terbukti mampu disembuhkan oleh pijatan refleksi, adalah maag, epilepsy, nyeri sendi, bahkan kanker pun bisa disembuhkan dengan terapi ini. Beberapa penyakit degenerative juga berangsur pulih setelah melalui pemijatan titik syaraf, seperti diabetes mellitus, gagal ginjal, jantung koroner, stroke, dan hepatitis.

Ingin mempelajari trik jitu pijat refleksi? Mudah juga kok. Karena, di era modern ini sudah banyak buku-buku yang beredar yang dapat membantu anda menguasai trik pijat ala bangsawan Mesir.

Sumber gambar : http://terpalmas.files.wordpress.com/2011/06/refleksi_1.jpg

Related Keyword: