Program Diet Sehat

Program Diet Sehat

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap makanan sehat dahulu kita kenal slogan “empat sehat lima sempurna”, tetapi seiring dengan perkembangan pengetahuan khususnya di bidang gizi, maka slogan itu tergantikan dengan pedoman gizi seimbang. Gizi seimbang merupakan program umum makanan sehat  yang juga memperhatikan gaya hidup. karena itu, sangat dianjurkan untuk mengikuti Pedoman Umum Gizi Seimbang sebagai tips makanan sehat, bahkan dapat dijadikan acuan program diet yang sehat. gambar tumpeng di bawah ini merupakan bentuk dari pedoman gizi seimbang yang sesuai dengan fungsinya.

gizi seimbang

 

Ada 13 garis besar pedoman gizi seimbang sebagai tips makanan sehat, :

1. Makanlah anekaragam makanan

Maknalah makanan yang beraneka ragam, makanan yang beraneka raga memberikan kekayaan nutrisi pada tubuh. sebab tidak ada satupun jenis sumber makanan yang mengandung semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. dengan mengonsumsi makanan yang bermacam-macam akan memperkaya asupan kita terhadap zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. selain itu, sebagai fungsi diet, memakan makanan yang beranka ragam akan memberikan dayatahan tubuh yang lebih baik, dari pada hanya bergantung pada beberapa jenis makanan saja.

2. Makanlah makanan untuk memnuhi kebutuhan energi

Makanan merupakan sumber energi eksternal tubuh yang sangat penting, sebab tanpa makanan tersebut tubuh akan mengalami kekurangan energi, kebutuhan energi umumnya adalah sebesar 2000 kkal, tetapi dalam program diet, kebutuhan energi yang sebaiknya dipenuhi secara bertahap adalah 1700 kkal sampai 1200 kkal.

3. Makanlah sumber makanan karbohidrat seperdua dari kebutuhan energi

Pemilihan Jenis makanan karbohidrat hanya seperdua dari kebutuhan energi, jadi jika kebutuhan energi hanya sebesar 1700 kkal, maka sebesar 850 kkal,  dan 850 kkal konversinya kira-kira sebesar 212,5 gram, karena 1 g glukosa (bentuk dasar karbohidrat) sama dengan 4 kkal. jadi dalam sehari semalam kebutuhan karbohidratnya adalah 100 g nasi dan 112 g kentang rebus.

4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kebutuhan energi

konsumsi lemak dan minyak hanya sampai seperempat kebutuhan energi, pemilihan sumber lemak dan minyak juga sebaiknya sumber lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. misalnya ikan dan daging ayam tanpa kulit, untuk sumber minyak sebaiknya menggunakan minyak zaitun atau minyak sayuran lainnya. jika kebutuhan energi adalah sebesar 1700 kkal maka seperempat dari kebutuhan itu adalah 429 kkal dan jika dikonfersi kedalam lemak, sebesar 47 g, jenis makanan yang baik adalah ayam goreng (dengan tanpa kulit.

5. Gunakan garam beryodium

6. Makanlah makanan sumber zat besi

7. Berikan ASI saja pada bayi sampai berumur 6 bulan

dengan memberikan ASI pada bayi yang sampai berumur 6 bulan akan membakar kalori ibu yang banyak. dan dampak positif untuk sang buah hati adalah memenuhi kebutuhan gizi sang bayi.

8. Biasakan Sarapan pagi

sarapan pagi merupakan salah satu kebiasaan yang akan memberikan kesegaran pagi lebih lama, dengan sarapan pagi yang cukup akan memberikan efek kenyang lebih lama dan memberikan daya optimasi otak yang lebih baik untuk menambah daya konsentrasi dalam bekerja dan belajar. oleh karena itu sarapan pagi adalah pilihan yang baik dalam menjalankan diet sehat.

9. Minumlah air bersih, aman, dan cukup jumlahnya

Jumlah cairan yang cukup untuk tubuh adalah sebanyak 2,5 liter atau sebanyak 8 gelas perhari. dengan mencukupi kebutuhan air tubuh akan memperlancar saluran cerna dan mencegah dehidrasi pada tubuh.

10. Lakukan kegiatan fisik dan olah raga secara teratur

dengan melakukan kegiatan fisik dan olah raga secara teratur akan membantu proses diet yang sedang berjalan karena membantu tubuh untuk membakar kalori lebih banyak, sehingga hasil diet lebih optimal.

11. Hindari Minuman beralkohol

12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan

13. Bacalah label pada makanan yang dikemas