pijat tradisional

Pijat Tradisional

Pijat Tradisional

Banyak yang mempercayai bahwa pijat tradisional merupakan suatu cara alami untuk menyegarkan tubuh dari rasa lelah berlebih. Salah satu teknik terkenal adalah pijat tangan. Jenis ini sudah berasal dari zaman dahulu, hal ini dibuktikan dengan lukisan pijatan tangan dan kaki dari seorang dokter Mesir pada tahun 2330 SM (sebelum masehi). Menurut beberapa ahli, teknik ini muncul di Amerika Serikat pada tahun 1850an, melalui dua dokter yang mempelajari secara khusus di Swedia. Teknik yang dipelajari di Swedia, membentuk dasar dari pemijatan tradisional, dicampur dengan banyak variasi dan spesialisasi. Semuanya tergabung membentuk sebuah teknik pemijatan khusus. Pijat olahraga Swedia fokus pada pemulihan fisik serta beberapa luka tubuh. Shiatsu, sebuah teknik pemijatan tradisional dari Jepang, berfokus pada beberapa titik penting di bagian tangan, serta beberapa area tubuh lainnya.

TEKNIK PEMIJATAN
Umumnya teknik pemijatan tangan tradisional ini dilakukan dengan cara menggosok sendi jari, meremas jari dengan lembut, menekan sepanjang telapak tangan dengan jari terbuka membentuk jengkal, dilanjut dengan tekanan melingkar dengan menggunakan ibu jari dan ujung jari, meremas pergelangan tangan, menarik jari-jari dengan lembut, menekan bagian-bagian jari, serta meremas seluruh tangan.

FITUR DAN ALAT PEMIJATAN
Proses pemijatan tradisional ini dapat dilakukan dengan mudah, tanpa harus memerlukan berbagai alat khusus untuk digunakan. Umumnya hanya bermodalkan sebuah ruangan, kasur, ataupun hanya sebatas kursi pijat dan meja pijat. Tidak membutuhkan segala macam alat lainnya, karena prosesnya hanya dilakukan dengan menggunakan tangan saja secara manual. Beberapa hal pendukung lainnya adalah berupa minyak atau lotion. Tangan untuk memijat harus menggunakan minyak atau produk lotion aman sebelum memulai memijat pasien. Dengan menggunakan minyak, variasi bentuk pemijatan dapat berjalan dengan baik karena kulit tidak terasa kesat. Hal ini penting khususnya bagi pasien lanjut usia atau bagi para pasien yang memiliki daya sensitif tinggi pada kulit, agar mencegah terjadinya luka atau lecet pada kulit. Selain itu, pasien juga tidak akan merasakan sakit dan dapat menikmati pijitan dengan nyaman, atau bahkan sambil tertidur.

pijat tradisional

Minyak atau lotion yang digunakan, bukanlah sembarang jenis. Tetapi merupakan pilihan dari berbagai aroma terapi yang diberikan wewangian khusus. Aroma wanginya dibuat dari bahan-bahan alami yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Pilihan aroma terapi juga sangat diutamakan, khususnya bagi para pasien yang memiliki alergi atau sensitivitas terhadap aroma, untuk mencegah kemungkinan terjadinya reaksi yang tidak diinginkan. Umumnya pilihan minyak ini diolah dari berbagi jenis rempah-rempah alami yang sangat dipercaya baik untuk kesehatan. Beberapa produk lotion juga bisa dijadikan pilihan, sebagai pengganti minyak yang memungkinkan memberikan tumpahan noda minyak di sekitar tempat tidur atau tempat pemijatan.

Mempelajari pemijatan yang standar, tidaklah terlalu sulit. Jenis pemijatan tangan bahkan juga dapat dilakukan sendiri sebagai teknik perawatan diri. Anda dapat melakukan pemijatan manual dengan manggunakan tangan Anda pada saat setelah bekerja, berkebun, setelah angkat berat, atau bahkan selama istirahat kerja di kantor Anda.

 

PERHATIAN
Beberapa ahli telah melakukan berbagai studi mengenai pemijatan tangan tradisional, namun mereka tetap merekomendasikan bahwa pasien yang mengidap penyakit kanker dapat berkonsultasi lebih dulu dengan onkolog sebelum menerima pemijatan ini. Juga, pada wanita hamil, harus berkonsultasi lebih dulu pada bidan atau dokter kandungan sebelum mendapatkan pemijatan, baik itu pemijatan tradisional seperti pijat tangan, ataupun jenis pijat lainnya. Para ahli juga memberikan peringatan, bahwa ada kemungkinan resiko yang tidak baik bagi mereka yang memiliki tulang lemah, pembekuan darah, sedang dalam kondisi pendarahan, ataupun sedang terluka. Selain itu, hindari memijat kulit dengan luka terbuka ataupun kulit yang memiliki ruam.

Sumber gambar: http://roseonlinespa.files.wordpress.com/2012/06/pijat-tradisional.jpg

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder