pijat bayi

Pijat Bayi

Pijat Bayi

Pijat bayi saat ini memang semakin populer karena ternyata pijat ini dapat membuat tubuh bayi dapat lebih rileks dan menjadi lebih ceria. Saat ini banyak salon, bidan, dan rumah sakit yang mulai membuka layanan ini untuk memanjakan para bayi. Salah satu manfaat dari memijat tubuh bayi adalah membantu melancarkan sirkulasi di dalam tubuh. Namun ini tentu bukan satu-satunya manfaat yang akan diperoleh karena sentuhan lembut saat memijat juga akan membuat si kecil menjadi tidak cengeng karena ia jadi lebih mudah tertidur dan juga meningkatkan nafsu makan sehingga ia pun lebih ceria.

Memijat bayi sebenarnya tidak harus dilakukan oleh profesional karena bunda pun ternyata bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut ini bagian-bagian tubuh yang boleh dimassage dan bagaimana cara melakukannya.

Kaki

Saat bunda mulai melakukan pemijatan, mulailah memijatnya dari bagian kaki. Caranya, pegang pergelangan kaki si kecil dengan satu tangan. Kemudian usapkan kaki dengan tangan yang satunya dari pergelangan sampai di pangkal paha. Pijat secara perlahan dari bawah sampai atas tanpa putus.

Teknik ini sangat membantu anak yang sedang belajar berjalan dan bertujuan untuk menguatkan saraf dan otot motorik di bagian kaki si kecil. Selain itu, pemijatan ini juga dapat meredakan panas pegal setelah bayi belajar berjalan.

pijat bayi

Perut

Untuk memijat bagian ini, Bunda harus berhati-hati, buat gerakan membentuk huruf I, L, dan U. Untuk memulai gerakan huruf I, dimulai dengan tegak lurus dari rusuk bawah bagian kiri hingga bagian bawah perut. Untuk gerakan L, geser tangan Bunda dari rusuk bagian kanan bawah ke kiri kemudian turun ke bagian perut bawah. Sedangkan untuk gerakan U, mulai dari perut bawah kanan, naik ke atas, kemudian ke rusuk sebelah kiri dan berhenti di perut bawah kiri.
Gerakan ini bermanfaat untuk membantu si kecil yang buang air besarnya tidak lancar dan membantu mengatasi perut kembung.

Dada

Pemijatan di bagian dada dilakukan dengan gerakan kupu-kupu. Caranya, kedua telapak tangan ibu diposisikan berdampingan di tengah dada bayi. Setelah itu, pijat dada si kecil dengan gerakan memutar dari dalam ke arah luar. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk membantu melancarkan pernapasan bayi, khususnya jika si kecil sedang batuk atau
flu.

Telapak Kaki

Bunda dapat memijat bagian punggung kaki dengan arah memutar dari pangkal jari sampai pergelangan kaki. Kemudian pijat telapak kaki dengan arah memutar mulai dari tumit sampai ke pangkal jari. Gerakan ini juga dapat membantu menyembuhkan pegal setelah si kecil belajar berjalan karena beban tubuh bayi ditopang oleh telapak kaki.

Punggung

Bagian punggung bisa dipijat menggunakan kedua telapak tangan Bunda. Usap bagian punggung dari pantat lurus sampai ke pundak dengan gerakan memutar dengan arah dari dalam ke luar. Biasanya bagian punggung bayi akan terasa pegal saat terlalu lama tidur di kasur atau digendong dalam posisi yang sama. Gerakan ini dapat membantu merelaksasikan punggung bayi dan mencegah perkembangan tulang belakang yang tidak sempurna.

Tangan dan Lengan

Untuk memijat bagian ini, gunakan tangan kiri Bunda untuk memegang telapak tangan si kecil. Pijat dengan tangan kanan mulai dari pergelangan tangan sampai ke pangkal lengan atas. Usap perlahan dari bawah sampai ke atas. Gerakan ini bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah serta merangsang saraf motorik dan otot pada tangan bayi.

Sumber gambar : http://goo.gl/nNR4P

Related Keyword: