penyebab kolesterol tinggi

Penyebab Kolesterol Tinggi

Umumnya orang mengira kolesterol  sesorang akan tinggi pada orang-orang yang mengalami obesitas saja, padalah kolesterol  juga bisa tinggi pada orang-orang yang kurus. Karena itu, baik orang yang memiliki masalah dengan berat badan maupun tidak tetap harus menjaga asupan makanan yang adequate dan memperbaiki gaya hidupnya.

Dari factor asupan makanan, makanan yang mengandung banyak kolesterol menurut beberapa penelitian ternyata hanya menyumbang sedikit sekali besaran kolesterol di dalam tubuh. tetapi kebiasaan makan makanan yang memiliki kalori tinggi, berasal dari lemak jenuh, dan kurang mengonsumsi sayuran dan buah, dipercaya memeliki peranan besar terhadap sumbangsih peningkatan kolesterol total sebesar 25% di dalam tubuh. pengurangan kolesterol dengan penggunaan obat-obatan sebenarnya untuk kasus yang masih ringan hanya perlu dilakukan dengan modifikasi terhadap pola asupan setiap harinya. hal ini dikarenakan selain kolesterol total berasal dari asupan, kolesterol total dalam tubuh sebagian besar berasal juga dari jaringan-jaringan di dalam tubuh sendiri. Dengan mengonsumsi obat-obatan penurun kolesterol bisa jadi efek obat-obatan tersebut justru merusak jaringan tubuh penghasil kolesterol seperti hati sehingga dapat memberikan beban ganda pada ginjal dan menimbulkan masalah klinis lainnya. Karena itu, sebelum koleterol total terlalu tinggi sebaiknya kita melakukan modifikasi diet yang benar dengan berkonsultasi pada ahli gizi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

factor gaya hidup juga sangat mempengaruhi tingginya kolesterol total seperti pola hidup sendentarian, kurangnya aktifitas fisik, dan besarnya asumsi bahwa makanan cepat saji merupakan makanan yang bergengsi. Secara umum gaya hidup seperti itu, mengakibatkan orang-orang secara tidak sadar mengalami kelebihan berat badan dalam waktu yang lama, tetapi waktu yang lama bukan hanya berarti kolesterol total akan tinggi pada usia-usia dewasa, sebab jika pada masa kanak-kanak gaya hidup seperti ini sudah melanda, besar kemungkinan anak-anak juga akan mengakibatkan kolesterol total anak-anak tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola hidup sedentary pada anak seperti bermain video game, nonton tv, dan menggunakan kendaraan ke sekolah dapat meningkatkan kejadian obesitas pada masa anak dan juga meningkatkan masalah kolesterol total yang tinggi. oleh karena itu, penting juga untuk melakukan modifikasi gaya hidup untuk meningkatkan status kesehatan.

Related Keyword: