penyakit

Penyakit

Penyakit

Hidup sehat tidak hanya membuat Anda merasa jauh lebih sehat, bugar dan segar, tetapi juga dapat mencegah Anda mengalami banyak penyakit dan berbagai masalah kondisi kesehatan. Mendapatkan gizi yang cukup merupakan bagian penting dari hidup sehat sehari-hari. Kurang gizi dapat terjadi dari beberapa hal, seperti kurangnya asupan makanan yang cukup atau kurangnya ketelitian dalam memilih jenis makanan yang tepat, bergizi, serta memiliki nutrisi penuh.

 

penyakit

Terdapat banyak hasil penelitian yang mengemukakan berbagai piramida makanan yang tepat, serta memberikan rekomendasi tentang jumlah ideal dalam mengkonsumsi dari setiap kelompok makanan untuk mencapai nutrisi serta gizi yang tepat untuk tubuh. Kasus umum yang paling sering temui adalah bagi orang-orang dalam masa proses diet, namun tidak memiliki diet seimbang. Seperti misalnya, kekurangan makanan bergizi, dan bahkan dapat memicu berkembangnya berbagai penyakit.

Ada beberapa penyakit umum yang sering kita temui, berikut ini adalah beberapa diantaranya seperti:

PENYAKIT DIABETES
Meskipun ada beberapa faktor yang tidak terkendali yang mungkin mempengaruhi Anda untuk mengembangkan diabetes, namun penyakit ini dapat dicegah dengan gaya hidup sehat. Obesitas, tekanan darah tinggi dan kolesterol meningkat merupakan faktor risiko yang kuat sebagai pemicu perkembangan penyakit diabetes. Menurut hasil beberapa studi, gizi yang baik adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah diabetes. Banyak rekomendasi dalam memilih diet seimbang dengan cara memilih asupan makanan seperti gandum dan buah-buahan segar dan sayuran. Sebelum didiagnosa menderita diabetes, banyak orang menemukan bahwa mereka memiliki pradiabetes. Ini adalah suatu kondisi di mana kadar glukosa darah lebih tinggi dari tingkatan normal, tetapi tidak cukup tinggi untuk menjadi diabetes. Sering kali, mengkonsumsi nutrisi yang baik dan kebiasaan olahraga dapat mencegah peningkatan dari pradiabetes menjadi penyakit diabetes yang sebenarnya.

PENYAKIT ANEMIA
Anemia biasanya terjadi ketika sel-sel darah merah tidak dapat membawa oksigen yang cukup ke sel-sel tubuh Anda. Beberapa gejala anemia diantaranya adalah rasa lelah, kepekaan terhadap suhu dingin, sakit kepala secara tiba-tiba, juga detak jantung yang tidak teratur. Anemia memiliki berbagai penyebab, dan beberapa diantaranya berhubungan dengan kekurangan nutrisi tertentu. Salah satu hasil penelitian menunjukkan bahwa defisiensi anemia atau kekurangan zat besi dapat mempengaruhi 1 sampai 2 persen orang dewasa. Tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Asupan kebutuhan akan hal ini dapat ditemukan dalam produk sejenis daging dan unggas. Selain itu, anemia juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel darah merah. Vitamin B12 biasanya dapat ditemukan dalam biji-bijian yang diperkaya dan produk hewani.

PENYAKIT OSTEOMALACIA DAN RAKHITIS
Osteomalacia dan rakhitis disebabkan oleh kekurangan vitamin D, kalsium atau fosfat. Osteomalacia biasaya terjadi pada orang dewasa, sedangkan rakitis umumnya terjadi pada anak-anak. Osteomalacia dan rakhitis menyebabkan lelah, lemah tulang, nyeri dan kelemahan otot. Kadang-kadang penyakit ini akibat dari ketidakmampuan untuk menyerap vitamin D atau tidak mendapatkan cukup sinar matahari sehingga tubuh Anda diforsir untuk membuat vitamin D sendiri . Vitamin D juga mengatur kadar kalsium dan fosfat. Penyakit ini juga dapat terjadi karena tidak mendapatkan cukup vitamin D, kalsium atau fosfor dalam makanan sehari-hari. Padahal, vitamin D dapat mudah ditemukan dalam produk susu, serta makanan dari buah-buahan dan sayuran. Asupan nutrisi sangat penting khususnya pada masa diet, karena dapat mengurangi resiko terkena penyakit Osteomalacia dan rakhitis.

Sumber gambar: http://bit.ly/10SCW7z