penyakit kanker

Penyakit Kanker

Penyakit Kanker 

Kanker merupakan suatu pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh yang tidak terkendali. Sel-sel kanker juga disebut sebagai sel-sel ganas. Kanker tumbuh dari sel-sel normal di dalam tubuh. Sel-sel normal berkembang biak ketika tubuh membutuhkan mereka, dan sel-sel tersebut akan mati ketika tubuh tidak lagi membutuhkannya. Kanker umumnya terjadi ketika pertumbuhan sel-sel dalam tubuh di luar kendali. Hal ini juga dapat terjadi ketika sel-sel tersebut tetap hidup walaupun tubuh sudah tidak membutuhkannya. Kanker dapat berkembang di hampir semua organ atau jaringan tubuh, seperti paru-paru, usus besar, payudara, kulit, tulang, atau jaringan saraf.

Jenis Kanker
Jenis kanker ada bermacam-macam. Yang paling umum terjadi pada pria adalah jenis kanker usus besar, prostat dan paru-paru. Sedangkan pada wanita, umumnya menderita jenis kanker payudara, usus besar, dan paru-paru. Hal lain yang juga dapat memicu penyakit kanker adalah bahan kimia, alkohol, jenis racun, sinar matahari yang berlebih, masalah genetik, kegemukan, radiasi, dan virus. Pada beberapa negara, juga terdapat berbagai jenis kanker yang berbeda, seperti kanker otak, kanker ginjal, kanker darah, kanker hati, kanker kulit, kanker rahim, dan lain sebagainya. Namun, kanker paru-paru adalah jenis kanker yang memiliki rasio kematian yang tinggi.

Gejala Kanker
Gejala kanker tergantung pada jenis dan posisi kanker tersebut berada di dalam tubuh. Sebagai contoh, kanker paru-paru dapat menyebabkan batuk, sesak napas, atau nyeri dada. Kanker usus besar sering menyebabkan diare, sembelit, dan darah dalam tinja. Beberapa kanker bahkan mungkin tidak memiliki gejala sama sekali. Pada kanker tertentu, seperti kanker pankreas, sering tidak terdapat gejala yang spesifik, hingga penderita tersebut mencapai stadium tinggi.

Pengobatan Kanker
Pengobatan dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada jenis kanker yang diderita, dan tingkat stadium kanker. Stadium kanker mengacu pada jumlah yang telah tumbuh dan penyebaran tumor. Jika kanker terdapat pada satu tempat dan tidak menyebar, pendekatan pengobatan yang paling umum adalah operasi untuk menyembuhkan kanker. Hal ini sering terjadi pada jenis kanker kulit, kanker paru-paru, payudara, dan usus besar. Jika tumor hanya menyebar ke kelenjar getah bening lokal saja, terkadang dapat lebih mudah mendapatkan pengobatan. JIka operasi tidak dapat menghilangkan kanker hingga ke akarnya, pilihan pengobatan lain seperti radiasi dan kemoterapi dapat dilakukan. Limfoma, atau kanker kelenjar getah bening, jarang dilakukan pengobatan dengan cara pembedahan. Kemoterapi dan terapi radiasi yang umumnya digunakan untuk mengobati limfoma.

Walaupun pengobatan untuk kanker bisa sulit, ada banyak cara untuk menjaga kekuatan Anda.

penyakit kanker

Pencegahan Kanker
Ada banyak cara untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Beberapa cara umum dan mudah yang dapat dilakukan adalah dengan memakan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, membatasi asupan alkohol, menjaga berat badan yang sehat dan jika diperlukan Anda dapat melakukan tahapan diet ringan yang alami dan sehat. Selain itu, meminimalisir terkena sinar matahari yang berlebih, berhenti merokok atau mengunyah tembakau, menghindari radiasi dan bahan kimia beracun, juga dapat membantu Anda mengurangi resiko terkena penyakit kanker.

Rutin untuk menjaga pola makan, olahraga teratur dan disiplin diri dalam menjalankan gaya hidup yang sehat, menjadi hal penting bagi Anda untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang maksimal. Namun hal yang harus diingat, setiap orang memiliki kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh yang berbeda. Berkonsultasi pada dokter atau ahli medis lainnya dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan juga dapat membantu Anda mencegah tubuh dari berbagai kemungkinan penyakit yang berbahaya.

Sumber gambar: http://7aaad.easyurl.net/

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder