Penyakit Hepatitis

Penyakit Hepatitis 

Hepatitis adalah salah satu penyakit yang di akibatkan oleh virus, penyakit ini juga disebut penyakit kuning karena virus yang mengakibatkan penyakit ini menyerang hati penderita hingga hati penderita tersebut membengkak, mengakibatkan empedu beredar ke seluruh tubuh, sehingga kulit dan bola mata penderita berwarna kuning. hingga kini ada lima jenis virus hepatitis yang diketahui dapat menyerang manusia yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. eitss hampir ketinggalan sampai saat ini telah di temukan 6 macam virus hepatitis yang virus terakhir yang belum disebutkan diatas yaitu hepatitis G tetapi informasi tentang hepatitis yang terakhir ini informasi lebih lanjutnya belum diketahui.

Hepatitis A dan E merupakan hepatitis ringan yang dapat di sembuhkan dalam waktu beberapa minggu hepatitis ini di sebarkan melalui feses, dan dapat menyerang tubuh penderita melalui air dan makanan yang tercemar feses penderita tersebut. untuk mencegah terserang hepatitis A dan E, kita harus menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar kita serta makanan dan minuman yang akan kita konsumsi, pastikan diri, lingkungan, dan makanan serta minuman tersebut terhindar dari virus hepatitis hingga kita pun terhindar dari penyakit ini. perlu kita ketahui bahwa hepatitis A dan hepatitis E seringkali diderita oleh masyarakat yang berada pada negara yang berkembang atau bahkan terbelakang.

penyakit hepatitis

Hepatitis B, C, dan D merupakan hepatitis yang kronis dan dapat di derita seumur hidup oleh penderitanya , penyakit hepatitis ini di sebarkan melalui kontak darah penderita. hepatitis D akan menjadi sangat berbahaya jika virus hepatitis D bergabung dengan virus hepatitis B, sedangkan hepatitis B dapat ditularkan melalui kontak seksual dan dari ibu ke anaknya saat persalinan, selain itu hepatitis B juga dapat ditularkan oleh orang sehat yang pernah menderita  hepatitis B atau yang membawa virus hepatitis B tersebut. hepatitis C seringkali di akibatkan oleh transfusi darah dan pemakaian obat-obatan dengan menggunakan jarum suntik secara bersama-sama tetapi jarang diakibatkan oleh kontak seksual. orang yang memiliki kemungkinan terbesar untuk teserang virus hepatitis B, C, dan D adalah pecandu obat-obatan terutama yang menggunakan jarum suntik secara bersama – sama, pekerja kesehatan, pasien pencuci darah, bayi yang lahir dari ibu yang menderita hepatitis, dan orang yang memiliki banyak pasangan seksual.

kini tersedia vaksin ( sesuatu berupa virus atau bakteri penyebab penyakit yang telah dilemahkan sehingga  jika menyerang manusia, tidak berbahaya lagi) untuk hepatitis B, sedangkan hepatitis C dan D belum di temukan vaksin yang sesuai. cara untuk menghindari agar tidak terserang oleh penyakit hepatitis ini yaitu dengan mengurangi kontak dengan virus hepatitis tersebut. misalnya dengan menghindari pemakaian barang-barang pribadi secara bersama-sama dengan orang yang terinfeksi hepatitis ini, barang-barang tersebut antara lain sikat gigi, pisau cukur, dan gunting kuku.

oleh karena itu kita harus mencegah sedini mungkin agar kita tidak terserang penyakit hepatitis ini karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, perlu kita ketahui bahwa orang yang telah terserang penyakit hepatitis ini tidak dapat mendonorkan darahnya karena virus hepatitis yang berada di dalam tubuh penderita tidak dapat di sembuhkan 100%. sehingga berkemungkinan menular dengan orang lain yang mendapatkan darah dari pendonor yang pernah terserang penyakit hepatitis.

sumber gambar : http://easyurl.net/2280