PENGERTIAN PROTEIN

PENGERTIAN PROTEIN

PENGERTIAN PROTEIN

Protein merupakan salah satu zat penting yang diperlukan untuk tubuh kita agar tetap sehat. Namun apakah sebenarnya pengertian dari protein? Protein merupakan kelompok dari makromolekul organik kompleks dimana didalamnya terkandung hidrogen, karbon, nitrogen, oksigen dan sulfur serta terdiri dari satu atau beberapa rantai asam amino.

Ini adalah komponen utama dari semua sel hidup yang mencakup banyak zat seperti hormon, enzim, serta antibodi yang dibutuhkan untuk fungsi organisme. Zat ini sangat penting karena digunakan untuk perbaikan jaringan dan pertumbuhan. Zat ini bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti telur, susu, ikan, daging, dan kacang-kacangan.

PENGERTIAN PROTEIN

Jika melihat dari pengertian protein, zat ini tidak bisa diproduksi sendiri dari dalam tubuh manusia sehingga harus diambil melalui sumber lainnya yaitu lewat makanan. Kebutuhan sisanya bisa dibuat oleh hati bila seluruh komponen kimia yang dibutuhkan tersedia. Senyawa ini memiliki fungsi yang bermacam-macam untuk tubuh kita dan semua fungsi tersebut dibangun dari satu set asam amino.

Fungsi
Fungsi utama sekaligus yang paling penting adalah untuk pemeliharaan dan pertumbuhan semua sel-sel di dalam tumbuh dan struktur tubuh seperti sel darah, otot, tulang, rambut, dan kulit. Selain itu, mereka juga merupakan komponen utama dari enzim karena asam amino tersebut membantu memfasilitasi berbagai reaksi kimia di dalam tubuh, termasuk terjadinya pencernaan. Protein juga turut berperan penting dalam produksi berbagai hormon penting bagi tubuh seperti hormon tiroid, hormon insulin, hormon testosteron, dan hormon estrogen.

Saat kita mengkonsumsi makanan berprotein, maka perut akan mengeluarkan asam pencernaan yang membantu proses pemecahan struktur kimia. Selanjutnya pencernaan berlangsung di usus kecil dimana sebagian besar pemecahan unsur senyawa protein terjadi di sini. Pada akhirnya, protein dikembalikan lagi ke struktur asam amino dasar sehingga bisa diserap oleh tubuh melalui usus dan diserap lewat aliran darah. Dari usus dan darah, asam amino mengalir ke hati yang mengatur penggunaan asam amino. Selain itu, asam amino kadang-kadang juga digunakan untuk mensintesis protein dalam hati dan kadang dikirim ke bagian tubuh lain untuk digunakan.

Protein dalam makanan bisa berasal dari dua macam sumber yang berbeda, yaitu:

Protein Nabati
Sumber utamanya adalah tumbuh-tumbuhan. Protein nabati tidak mempunyai profil asam amino yang lengkap. Walaupun demikian ternyata ada salah satu sumber makanan yang mempunyai asam amino yang paling lengkap yaitu kedelai. Tetapi, soy protein sekalipun juga masih kekurangan asam amino esensial yang disebut methionine. Makanan yang kaya protein nabati adalah kacang-kacangan dan biji-bijian.

Protein Hewani
Sumbernya diperoleh dari hewan, di antaranya adalah susu, daging, dan telur. Protein hewani mengandung asam amino yang lengkap jika dibandingkan dengan yang nabati sehingga dapat digunakan secara optimal untuk perkembangan tubuh manusia. Asam amino esensial tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Oleh sebab itu, asam amino ini hanya bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi.

Diet sehat minimal harus mencakup 2 hingga 3 porsi protein per hari. Protein hewani biasanya mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi sehingga konsumsinya harus dibatasi. Jika Anda ingin mengkonsumsi sumber asam amino yang tidak mengandung lemak adalah ayam panggang atau kalkun panggang tanpa kulit, ikan, dan daging sapi tanpa lemak. Kekurangan protein dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit kwashiorkor dan marasmus. Tetapi kelebihan zat ini juga dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas dan memberatkan kinerja hati dan ginjal. Demikian pengertian protein dan mengapa zat ini penting untuk tubuh.

Sumber gambar : http://bit.ly/17BP016

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder