pengertian lingkungan

Pengertian Lingkungan

Pengertian Lingkungan 

Ekologi merupakan suatu cabang limu pengetahuan yang memiliki pembelajaran mengenai selu kbeluk interaksi antara makluk hidup dengan lingkungannya. Istilah ekologi sendiri memiliki arti rumah (oikos) dan ilmu (logos). Kedua kata ini dipadukan dari bahasa Yunani. Jika digabungkan, ekologi memiliki arti sebagai suatu pembelajaran yang luas berkaitan dengan interaksi antara organisme dengan keadaan sekitar atau lingkungan, baik itu bersifat anorganik ataupun juga bersifat organik.

Ada terdapat beberapa sub bidang yang menjadi bagian studi penting dalam ekologi. Diantaranya adalah ilmu ekosfera (atau biasa disebut dengan biosfera), matahari, serta biosistem.

Ekosfera
Ekosfera adalah sebuah sistem lingkungan alamiah atau alam, yang memiliki peran penting dalam kelangsungan kehidupan manusia atau organisme lain secara efektif. Ada terdapat beberapa sub bidang pada ekosfera. 3 sub bidang tersebut adalah atmosfera, hydrosfera serta litosfera. Ekosfera memiliki fungsi utama dalam stabilitas cuaca (iklik), menghasilkan siklus varian jenis kimia untuk kelangsungan hidup organisme, menjadi tempat penimbunan limbah atau jenis bahan pembuangan lainnya, mengontrol penyakit yang terjadi pada manusia, hewan serta organisme lainnya termasuk hama tumbuh-tumbuhan. Selain itu, ekosfera juga memiliki peran penting dalam pengelolaan berbagai macam varian plasma nutfah.

Matahari
Matahari memang merupakan sumber energi utama untuk kelangsungan kehidupan seluruh organisme di muka bumi. Matahari juga memiliki fungsi lain, sebagai titik sumber panas di bumi yang dapat menghasilkan energi fotosintetis. Jenis tata surya ini juga memiliki manfaat energi sebagai sumber pemicu utama bagi zat kimia, perubahan siklus udara, dan air. Disamping itu, peranan ozon yang merupakan sebuah lapisan pada atmosfer, dapat meringankan kadar sinar kosmis yang dapat berdampak buruk bagi organisme. Dengan bantuan lapisan ozon, sinar kosmis dapat dibatasi penyinarannya sehingga menjadi aman bagi seluruh makhluk hidup.

PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP

Sekelompok makhluk hidup dengan jenis sama (atau biasa disebut dengan spesies), dapat tinggal dan ebrtahan hidup di suatu tempat yang sama dalam jangka waktu yang juga lama. Dengan kata lain, pengertian ini disebut juga sebagai populasi makhluk hidup. Populasi suatu spesies sangat bergantung dengan keadaan lingkungan dimana mereka menetap. Jumlah populasi juga sebaiknya disesuaikan dengan ruang lingkup keberadaan mereka, seperti membatasi perkembangan jenis spesies tertentu, jika mereka memiliki keterbatasan sumber daya alam dilingkungannya. Jika terus dibiarkan berkembang, bukan tidak mungkin, jenis spesies tersebut akan dapat punah, dikarenakan kekurangan bahan pangan, serta persaingan antara jenis spesies lainnya. Kondisi serba kekurangan bahan pangan, juga dapat menimbulkan suatu organisme terserang penyakit, dan dapat menyebabkan kepunahan dikarenakan kematian. Menghilangnya suatu jenis spesies, juga dapat dikarenakan oleh bencana alam seperti gempa bumi, banjir, badai, dan lain sebagainya.

pengertian lingkungan

Sebuah komunitas baru dapat terbentuk berdasarkan dari berkumpulnya berbagai populasi yang tumbuh secara bersamaan di suatu tempat yang sama. Kelompok jenis tumbuhan serta hewan dalam cakupan tempat yang luas, seringkali disebut dengan istilah biome.

Ekologi memiliki peran penting bagi suatu jenis spesies pada komunitasnya. Peranan ini juga meliputi tentang proses dari sistem interaksi antara varian spesies terhadap lingkungan sekitarnya, juga melliputi beberapa faktor lain seperti, jenis bahan makanan yang menjadi asupan untuk tubuh, jenis pemangsaan predator, kelembaban dan rasa panas dari cuaca atau udara yang ideal, serta juga memiliki peran pada suatu kondisi reproduksi.

Lingkungan yang hingga kini kita kenal, merupakan sebuah lingkungan dengan ekosistem modern, yang mengenal berbagai ilmu pengetahuan maju, jauh sebelum zaman-zaman terdahulu.

Sumber gambar: http://www.satudunia.net/?q=system/files/galeri/PSDA/Forest.jpg

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder