Pengertian Kolesterol

Pengertian Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu bagian dari profil lipid yang memiliki peranan penting. dan kolesterol , selain berkaitan dengan lipoprotein dalam hal ini menjadi bentuk LDL, HDL, VLDL, Kilomikron, dan IDL, kolesterol total juga berkaitan dengan Apolipoprotein. Apolipoprotein (Apos) adalah protein yang membantu melarutkan inti lipid dan regulasi plasma lipis dan transportasi lipoprotein.

 

Karakteristik Apolipoprotein

 

Apolipoprotein berada pada permukaan lipoprotein. Apo B100 sangat penting pada sekresi Hepatik-Derived VLDL, intermediate-density lipoprotein (IDL), dan Low Density lipoproteins LDLs). Apo B48 adalah bentuk dari Apo B100 yang penting untuk sekresi kilomikron dari usus halus. Apo A-I adalah struktur protein utama dalam high density lipoprotein (HDL). Apo A-I juga penting sebagai aktifator pada enzim plasma, lesitin kolesterol-asl transferase, yang berperan sebagai kunci dalam transport kebalikan kolesterol.

jadi selain dari lipoprotein, kolesterol, dan trigliserida. Apolipoprotein memiliki peran yang cukup penting. saat ini, kita juga dapat melakukan pengukuran kadar apolipoprotein untuk mengetahui lebih detai mengenai suatu masalah lipid yang terjadi dalam tubuh kita. seperti pengukuran Apo.B dapat mengindikasikan kondisi dislipidemia yang terjadi apakah bersifat aterogenik atau tidak.

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder