Pemeriksaan Kolesterol

Pemeriksaan kolesterol

Salah satu jenis pemeriksaan yang perlu untuk kita ketahui adalah pemeriksaan kolesterol, apalagi jika kita memang sering bermasalah dengan kondisi lemak dalam tubuh, dan aktifitas olah raga yang kurang, serta asupan makanan yang berlebihan. hal ini karena prinsip dasar kemungkinan kolesterol darah kita bermasalah adalah hal-hal tersebut, dan sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol.

pemeriksaan kolesterol darah

pemeriksaan kolesterol darah

Masalah kolesterol merupakan silent disease, sebab secara garis besar gejala yang menunjukkan seseorang memiliki kolesterol yang tinggi umumnya serupa dengan gejala peyakit yang umum terjadi, dan jikapun gejala itu muncul, kadar kolesterol darah sudah melebihi ambang batas. karena itu sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kolesterol.

Kadar normal kolesterol adalah dibawah atau sama dengan 200 mg/dl, lebih dari itu, dikategorikan kolesterol darah tinggi, dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anda.

pemeriksaan kolesterol darah biasanya dilengkapi dengan pemeriksaan kadar lipid yang lain, seperti kadar trigliserida, kadar LDL, dan kadar HDL. hal ini untuk menunjang diagnosis yang akan diberikan oleh dokter anda.

Secara umum terdapat pemeriksaan kolesterol di apotik-apotik yang terbilang cukup lengkap, biasanya tingkat akurasinya rendah tetapi sudah cukup untuk memberikan gambaran kadar kolesterol anda, tetapi jika anda melakukan pemeriksaan kolesterol pada laboratorium klinik dan juga pemeriksaan beberapa parameter lainnya, maka anda perlu melakukan puasa selama 8-10jam sebelumnya, jadi anda perlu persiapan puasa dimalam hari, hal ini dikarenakan pemeriksaan parameter lipid seperti trigliserida yang  hasilnya sangat bergantung pada pola makan terakhir.

 

Related Keyword: