Operasi Caesar

Operasi Caesar

Operasi Caesar

Bedah caesar atau operasi caesar adalah pembedahan perut besar saat proses melahirkan, dan memakan waktu pemulihan yang jauh lebih lama daripada setelah melahirkan normal melalui vagina. Rasa sakit yang dirasakan mungkin bisa dikatakan begitu nyeri beberapa saat setelah menjalani operasi. Tetapi rasa sakit ini biasanya mereda secara bertahap selama beberapa hari atau beberapa minggu setelahnya. Berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi Anda untuk lepas dari rasa sakit setelah caesar, bergantung pada kekebalan tubuh Anda sendiri dan metode yang Anda ambil untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat pemulihan setelah melahirkan.

Operasi Caesar

Penyembuhan Paska Caesar
Setelah proses caesar, Anda biasanya menghabiskan 3 sampai 4 hari di rumah sakit serta sekitar enam minggu masa penyembuhan di rumah, sebelum Anda dianggap benar-benar pulih. Wanita yang berbeda mengalami rasa sakit dari dampak operasi yang berbeda, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk terlepas dari rasa sakit bervariasi antara ibu. Kebanyakan wanita melihat penurunan signifikan pada sakit yang dirasakan beberapa hari setelah operasi dan sebagian besar dari merasa benar-benar pulih setelah enam minggu paska melahirkan. Namun, beberapa wanita merasa sakit parah selama sekitar satu minggu setelah operasi, sementara lainnya merasa lebih baik hanya dalam beberapa hari. Rasa nyeri ini bisa berlangsung sampai delapan minggu paska persalinan dan beberapa wanita terus merasa kedutan dengan rasa nyeri di tempat bekas luka mereka selama berbulan-bulan sesudahnya.

Obat Pereda Rasa Sakit
Jika Anda memiliki epidural atau spinal, sebuah anestesi dapat menambahkan morfin, yang dapat meredakan nyeri postpartum hingga 24 jam. Beberapa ahli anestesi epidural akan tetap ada sampai 24 jam setelah operasi sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak obat-obatan melalui itu. Setelah itu, Anda akan diberikan pil yang mengandung acetaminophen narkotika. Jika Anda memiliki anestesi umum untuk operasi Anda atau Anda tidak mendapatkan dosis morfin melalui spinal atau epidural, Anda akan segera menerima jenis narkotika untuk nyeri postpartum. Dokter Anda juga akan meresepkan obat pereda nyeri untuk dilanjutkan dirumah, setelah Anda keluar dari rumah sakit, tetapi tidak semua wanita membutuhkan obat pereda nyeri tambahan ini. Mereka biasanya dapat transisi dari resep obat penghilang rasa sakit sekitar satu minggu setelah melahirkan.

Solusi Alternatif
Selain obat nyeri, bangun dari tempat tidur dan berjalan di sekitar juga dapat membantu mempercepat pemulihan dan mengurangi rasa sakit lebih lama yang di derita, meskipun mungkin melakukan gerakain ini akan disertai dengan rasa nyeri yang sangat pada awalnya, karena berjalan dan bergerak dapat mengurangi kembung dan tekanan dalam usus dan perut yang membuat rasa sakit lebih buruk. Dalam banyak budaya tradisional, mengikat perut digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan setelah operasi caesar. Mengikat perut dilakukan dengan cara membungkus bahan melar secara erat di bagian tengah tubuh. Meskipun tidak ada penelitian yang mempelajari secara khusus pada penggunaan mengikat perut setelah operasi caesar, dengan mengikat perut dapat membantu meningkatkan kemampuan seseorang untuk berlatih berjalan setelah melakukan pembedahan perut besar. Hai ini juga dapat mencegah sakit parah pada pasien paska operasi bila dibandingkan dengan pasien yang tidak mengikat perut.

Pertimbangan Khusus
Jangan melakukan aktivitas terlalu berlebihan setelah Anda melakukan operasi caesar, dan gunakan latihan kecil seperti berjalan, dan bergerak agar dapat mengurangi waktu pemulihan Anda. Juga hindari mengangkat benda berat dan melakukan pekerjaan rumah tangga berat untuk setidaknya delapan minggu setelah melahirkan. Tetaplah berkonsultasi pada dokter agar kondisi pemulihan Anda tetap berjalan dengan baik.

Sumber gambar: http://n.pr/15BqWqK

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder