Olahraga renang

Olahraga Renang

Renang, olahraga ini adalah salah satu jenis aktivitas menyenangkan yang sangat diminati banyak orang, karena selain tujuan kesehatan, olahraga air ini bisa dijadikan salah satu alternatif untuk rekreasi bagi keluarga. Dari semua jenis olahraga tradisional renang menjadi unggulan dalam hal jumlah pengeluaran kalori, pembentukan otot, dan kebugaran secara keseluruhan. Nah, berikut manfaat olahraga renang untuk bisa anda dapatkan.

renang

Resiko rendah

Tidak ada resiko besar dalam melakukan aktifitas ini, semua kalangan dari berbagai usia pun dapat menjalani aktivitas air ini. Karena resiko cedera yang relatif kecil maka berenang dapat dilakukan seumur hidup.

Memperbaiki kesehatan jantung

Berenang memperbaiki kesehatan jantung, dalam sebuah penelitian pada pria dan wanita paruh baya yang menjalani aktifitas ini selama 12 minggu menunjukkan bahwa konsumsi oksigennya naik 10% dan jumlah darah yang dipompa kejantung setiap detakan  bertambah 18%.

Membangun massa otot

Semua aktifitas olahraga pasti berhubungan dengan otot. Dalam aktivitas air ini hanya menggunakan sebagian kecil otot tubuh, namun bagian-bagian otot tersebut sangat penting sehingga merangsang bagian-bagian lain agar dapat berkembang.

Membuat otot lebih fleksibel

Renang menggabungkan latihan ketahanan dan kardio, sehingga mampu meningkatkan kekuatan otot. Hal ini membuat seluruh otot di dalam tubuh bergerak dan menjadi lebih fleksibel.

Olahraga renang

Alternatif ketika cedera

Ketika seorang atlit mengalami cedera, mereka biasanya dianjurkan untuk berenang agar tingkat kebugarannya selalu terjaga. Berenang membantu agar tetap bugar dan merupakan salah satu bagian dari rehabilitasi.

Membakar kalori

Berenang membakar banyak kalori dari penelitian yang ada menunjukkan bahwa dengan melakukan aktifitas ini secara teratur dan efektif kalori yang terbakar akan lebih banyak dibandingkan dengan berlari dan bersepeda.

Mengontrol berat badan

Berenang adalah aktivitas yang menyenangkan dan bukan merupakan satu cara penurunan berat badan yang tradisonal. Berenang membuat semua otot di dalam tubuh untuk bergerak secara sinkron yang membantu dalam penurunan berat badan dan pembentukan tubuh.

Memperbaki kondisi asma

Para penderita asma pasti tidak akan melakukan aktifitas olahraga dengan resiko yang tinggi dan intensitas yang tinggi. Dengan berenang maka akan meningkatkan laju dan kedalaman dari pernafasan sehingga dapat memperbaiki kondisi kesehatannnya. Berenang adalah alternatif untuk olahraga bagi penderita asma.

Menyengarkan pikiran

Berenang dapat memperbaiki  laju, ritme, dan kedalaman dari pernafasan yang dapat memperbaiki jumlah oksigen dalam aliran darah. Penelitian yang ada menunjukkan dengan aliran oksigen dalam darah dapat meningkatkan kognitif, kecerdasan,  dan intelektualitas.

Memperpanjang umur

Renang dapat membantu anda menghindari mati muda, penelitian menunjukkan bahwa orang berusia 20 sampai 90 tahun yang berenang dengan teratur memiliki tingkat kematian 50% lebih rendah dibandingkan dengan pelari, pejalan kaki atau orang yang jarang berolahraga.

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa berenang memiliki resiko rendah, tetapi resiko cedera tersebut tetap ada. Oleh karena itu maka sebaiknya kita menghindari resiko tersebut.

  • Lakukan pemanasan yang cukup sebelum berenang untuk menghindari resiko kram
  • Mematuhi semua tata tertib di kolam renag
  • Menguasai minimal  satu teknik berenang atau minimal teknik mengapung
  • Makan minimal 2 jam sebelum latihan berenang
  • Menggunakan peralatan berenang yang baik
  • Berhati-hati apabila memiliki kelainan fisik yang berbahaya
  • Menghindari latihan berenang yang terlalu berlebih

Nah, banyak kan manfaat untuk kita dapatkan dan rasakan dari berenang, yuk mulai sekarang ajak semua keluarga untuk berenang agar sehat dan bugar.

Sumber gambar : http://www.eagle-crest.com/blog/wp-content/uploads/2013/06/SwimLessons.jpg

Related Keyword:

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder