NUTRISI IBU HAMIL

NUTRISI IBU HAMIL

Nutrisi ibu hamil merupakan hal yang sangat penting untuk dibahas karena pada wanita yang mengalami kehamilan mengalami berbagai perubahan di dalam tubuhnya. perubahan ini dikarenakan tubuh sedang mempersiapkan diri untuk menyambut adanya janin yang akan tumbuh di dalam rahim.

nutrisi ibu hamil

Dalam berbagai perubahan tersebut, tubuh dalam kondisi yang krusial terhadap penggunaan energi dan membutuhkan energi yang besar serta penambahan mikronutrien lainnya untuk meningkatkan vitalitas tubuh. karena itu beberapa nutrisi penting yang perlu diperhatikan dalam masa kehamilan adalah sebagai berikut :

Kalori

Kebutuhan kalori untuk ibu hamil mengalami penambahan sebesar 300 kkal dari kebutuhan kalori normalnya. karena itu, dalam masa kehamilan ibu hamil menambah asupan sumber energinya.

Protein

Protein juga merupakan hal yang penting untuk ibu hamil, protein diperlukan sebagai zat pengatur tubuh, apa lagi kondisi tubuh sangat memerlukan protein yang memiliki segudang manfaat ini.

Serat

umumnya ibu hamil mengalami konstipasi, karena itu serat sangat dibutuhkan untuk melancarkan perncernaan ibu hamil. selain karena manfaat serat umumnya makanan yang kaya akan serat itu adalah sayuran dan buah yang juga kaya vitamin, mineral, dan zat antioksidan, karena itu, pemilihan serat untuk ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan serat sintetik, tapi lebih pada makanan sayur dan buah.

Asam folat, Zar besi, dan kalsium

Asam folat, zat besi, dan kalsium  sangat baik untuk ibu hamil, hal ini untuk mencegah cacat pada janin, mengoptimalkan otak janin dan lain sebagainya, karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi tersebut. tetapi dalam diet sehari-hari umumnya kita mengonsumsi makanan yang mengandung zat tersebut sangat sedikit, maka sering dokter kandungan memberikan resep obat dengan menyertakan penambahan zat-zat tersebut.