Metabolisme Kolesterol

metabolisme kolesterol

metabolisme kolesterol  dapat digambarkan melalui gambar di bawah ini,

 

metabolisme kolesterol secara normal

berdasarkan gambar di atas metabolisme kolesterol  terjadi di dalam hati (liver).

Di dalam hati, kolesterol yang asli berasal dari makanan yang kita konsumsi bergabung dengan kolesterol yang disintesis oleh hati dan dalam bentuk ester kolesterol. selain itu Trigliserida juga dibentuk di dalam hati dari sintesis asam lemak atau asam lemak bebas yang di lepaskan oleh jaringan adiposa. lalu ester kolesterol dan trigliserida membentuk VLDL (Very Low Density Lipoprotein) karena kolesterol dan trigliserida sendiri tidak dapat  memasuki plasma kecuali dengan membentuk VLDL.

Setelah dalam bentuk VLDL (yang berisikan kolesterol dan trigliserida) dilepaskan ke dalam plasma.

Di dalam plasma trigliserida yang berada didalam VLDL di keluarkan dengan bantuan enzim lipoprotein lipase sehingga trigliserida kembali menjadi asam lemak bebas yang akan di sebar ke dalam jaringan adiposa dan jaringan lainnya yang membutuhkan.

Dengan dikeluarkannya trigliserida dari VLDL mengakibatkan kandungan trigliserida dalam partikel tersebut jauh berkurang sehingga VLDL yang kekurangan trigliserida akan menjadi partikel kolesterol LDL.

kemudian kolesterol LDL di kirim ke jaringan yang memiliki ikatan dengan reseptor LDL.  kemudian tingkat ekspresi reseptor LDL meningkat pada sel-sel yang kehabisan kolesterol dan terjadi penurunan ekpresi terhadap sel-sel yang telah di penuhi oleh kolesterol sehingga pengantaran kolesterol tepat sasaran. baik itu kembalinya kolesterol di dalam hati atau penyerapan kolesterol pada jaringa-jaringan ekstrahepatik.

bahkan di dalam jaringan perifer juga terjadi sintesis kolesterol LDL menjadi kolesterol bebas.

Hanya pada organ hati dan jaringan endokrin lainnya yang memiliki kemampuan untuk mensintesis kolesterol. dan untuk jarigan lainnya bergantung pada akseptor pada daerah ekstraseluler untuk mengkapus kelebihan kolesterol di jaringannya. akseptor tersebuat adalah kolesterol HDL. pada akseptor tersebut ada tiga proses yaitu ABCA1, ABG1, SR-B1 yang dapat memberikan peluang untuk mengurangi kolesterol dari sel. adapun LCAT (lesitin cholesterol Acyltransferase) berfungsi untuk melakukan esterifikasi terhadap kolesterol di permukaan HDL untuk di masukkan ke dalam partikel. kemudian kolesterol di pindahkan ke HDL di ruang ekstraseluler lalu di kirim ke  hati dengan melibatkan proses pengikatan HDL oleh SR-B1. dan kolesterol akan diambilke hati dan didaur ulang menjadi VLDL.

dan di dalam hati sebagian kolesterol akan di lapaskan kekantung empedu untuk membentuk asam ampedu atau menyimpan kolesterol tanpa merubahnya.

demikianlah penjelasan mengenai kolesterol total dalam metabolismenya. penjelasan ini merupakan penjelasan secara teori yang dalam postingan berikutnya akan di jelaskan lebih terinci

 

 

Related Keyword: