masakan korea

Masakan Korea

Trend K-Pop yang semakin menjamur di Indonesia membuat masyarakat Indonesia semakin tertarik untuk mencoba kuliner khas Korea Selatan. Ternyata, banyak masakan korea yang digemari oleh masyarakat di Indonesia. Berikut ini beberapa masakan Korea yang lezat dan patut untuk Anda coba.

Kimchi
Ini adalah makanan Korea yang berupa hidangan hasil fermentasi. Kimchi terbuat dari kubis yang dibalut dengan campuran bubuk cabe, bawang merah, daun bawang, jus buah pir, bawang putih, dan bahan lainnya.

Bibimbab
Bibimbab sudah mulai digemari oleh masyarakat di Indonesia. Dalam bahasa Korea, istilah bibim berarti campuran dan kata bap adalah beras. Jadi, bibimbap terdiri dari nasi hangat dan atasnya diberi berbagai macam sayuran yang ditata sedemikian rupa. Selain itu, makanan ini juga ditambah dengan daging dan telur mata sapi sehingga ini bisa menjadi makanan yang sangat menyehatkan karena unsur gizinya lengkap.

Bulgogi
Masakan Korea ini mungkin adalah masakan Korea terpopuler karena selalu ditawarkan di restoran Korean BBQ. Bulgogi terbuat dari daging sapi yang diiris-iris dan dicelupkan ke dalam saus. Saus tersebut dibuat dari bawang putih, jus buah pir, kecap, dan bahan lainnya sehingga menghasilkan hidangan daging sapi lembut yang gurih, manis, dan lezat tentunya.

Japchae
Jika dilihat dari penampilannya mungkin kurang terlihat menarik. Sekilas Japchae dilihat dari namanya mirip dengan capcay. Namun, saat mencicipinya rasanya sungguh lezat dan unik. Japchae yang terkenal di Korea awalnya dibuat tanpa mie. Tetapi mie saat ini telah menjadi elemen penting untuk membuat Japchae. Uniknya mie tersebut terbuat dari ubi jalar sehingga teksturnya lebih kenyal. Sayuran bersama mie dimasak setengah matang setelah itu ditumis dengan bumbu-bumbu khusus sehingga menghasilkan citarasa yang lezat.

masakan korea

Yangyeom Tongdak
Jika Anda mencobanya, Anda mungkin akan ketagihan untuk makan makanan ini terus. Ini sebenarnya adalah Korean Fried Chicken. Ayam dibalut dengan rasa saus manis pedas. Setelah merasakan sausnya, baru rasa renyah dan keempukan daging ayamnya akan terasa.

Hoeddeok
Bagi Anda yang menyukai makanan manis, hoeddeok bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dicoba karena rasanya nikmat. Hoeddeok ini ibaratnya pancakenya orang Korea tetapi proses pembuatannya lebih rumit. Makanan ini terbuat dari adonan ragi yang disiram dengan gula merah, kayu manis, dan kenari. Setelah itu, adonan digoreng di dalam minyak. Makanan ini sangat digemari oleh orang-orang Korea, terutama anak-anak.

Dakjuk
Masakan Korea ini terbuat dari daging ayam yang direbus bersama air dan dicampur dengan bawang putih dan bawang merah. Setelah itu, ayam ditambah nasi dan dimasak hingga ayamnya matang. Hasilnya, makanan ini mirip dengan bubur yang kental dengan daging ayam dan bawang putihnya cukup terasa.

Ddukbokkie
Masakan ini biasanya tercium di malam hari di restoran-restoran besar di Korea. Makanan ini adalah jajanan pinggir jalan yang sangat populer dengan berbagai citarasa. Ddukbokkie terbuat dari kue ikan dan telur rebus kemudian ditambah dengan saus pedas manis. Untuk penawar rasa pedas, ada kue beras yang lembut dan kenyal sehingga cocok sebagai pelengkap saat makan ddukbokkie.

Seolleongtang
Ini adalah sup paling populer di Korea. Masakan Korea ini adalah makanan yang proses memasaknya paling lama karena harus merebus buntuk sapi atau tulang sapi terlebih dulu. Dimasaknya memakan waktu berjam-jam supaya semua kalsium terlepas dan tulangnya berwarna putih. Menu masakan ini disajikan dengan lobak dan potongan daging sapi. Sup ini sangat cocok disantap saat musim dingin.

Sumber gambar : http://bit.ly/1arFzQN

Related Keyword: