Manfaat Vitamin E

Selama ini kita tahu bahwa manfaat vitamin E yang paling utama adalah untuk menyehatkan kulit. Hal itu memang benar, namun vitamin E ternyata memiliki manfaat yang jauh lebih banyak daripada sekedar menyehatkan kulit tubuh.

Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin yang juga sering disebut aplha tokoferol ini ternyata juga dapat membantu mengatasi beberapa masalah yang terjadi di dalam tubuh sehingga secara tidak langsung vitamin E juga berperan penting terhadap kesehatan tubuh manusia. Tubuh kita tidak bisa memproduksi vitamin E sendiri dan harus mendapatkan asupan vitamin E dari luar yaitu dari makanan-makanan yang kita konsumsi. Makanan yang banyak mengandung vitamin E di antaranya adalah beberapa jenis unggas, kacang-kacangan, dan minyak sayur. Saat ini juga sudah banyak beredar supplemen vitamin E yang tersedia dalam bentuk pil dan kapsul.
Supaya kita bisa hidup lebih sehat dan mengetahui pentingnya vitamin E, berikut ini beberapa manfaat vitamin E yang dapat kita peroleh jika mendapatkan asupan vitamin E yang cukup.

Mencegah Radikal Bebas
Vitamin E berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Antioksidan adalah zat yang penting untuk membantu mencegah radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit karena radikal bebas bersifat merusak struktur sel sehingga membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi berkurang dan melemah.

Mencegah Penyakit Stroke dan Jantung
Vitamin E berperan penting untuk mengencerkan darah yang beredar di dalam dan menjadikan darah dapat mengalir lebih lancar sehingga tidak akan terjadi penumpukan flak di dinding pembuluh arteri. Penumpukan flak di pembuluh arteri maupun aliran darah yang tidak lancar dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung dan stroke. Oleh sebab itu, jangan menganggap remeh vitamin E karena asupan vitamin E yang cukup akan membantu Anda terhindar dari pernyakit mengerikan ini.

Mencegah Osteoarthritis
Sebuah studi yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa vitamin E ternyata juga dapat mencegah dan meredakan osteoarhritis. Hal ini berarti vitamin E bisa digunakan untuk membantu meredakan nyeri rematik. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu meningkatkan mobilitas sendi –sendi tulang dan menurunkan resiko asam urat

Mempertahankan Kelembaban Kulit
Bagi Anda yang memiliki kulit kering, Anda mungkin kekurangan asupan vitamin E karena vitamin E berperan penting dalam menjaga kelembaban kulit. Selain itu, vitamin E juga membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV dari sinar matahari yang menyebabkan kulit menjadi tidak sehat dan gelap. Oleh sebab itu, jika Anda menginginkan kulit yang sehat, rajin-rajinlan mengkonsumsi vitamin E.

Mempercepat Penyembuhan Luka
Jika seseorang terluka baik tergores atau luka yang cukup parah, sebaiknya mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin E. Dengan mengkonsumsi vitamin E yang cukup dan teratur, maka luka pun akan lebih cepat sembuh daripada mereka yang tidak mendapatkan asupan vitamin E. Selain dikonsumsi, vitamin E sebaiknya juga dioleskan pada bagian yang terkena luka, misalnya pada luka bakar atau luka gores. Cara penyembuhannya, lubangi satu kapsul vitamin E dengan jarum. Setelah itu pencet kapsul tersebut supaya cairannya keluar kemudian oleskan di bagian yang luka secara perlahan – lahan.

Menjaga Kesehatan Seksual pria
Vitamin E ternyata memiliki manfaat yang sangat besar terhadap kesuburan pria dan kehidupan seksualitasnya. Pada sebuah penelitian, pria yang mengkonsumsi 400 mg vitamin E secara teratur memperlihatkan adanya perbaikan motilitas sperma sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria. Selain itu, konsumsi vitamin E yang cukup juga membantu meningkatkan gairah seks. Vitamin E berperan penting dalam meningkatkan hormon testosteron di dalam tubuh. Hormon testosteron inilah yang berpengaruh dalam gairah seksual pria. Jika hormon testosteron meningkat, maka gairah seksual pria pun akan meningkat.

Mengurangi Kram Saat Menstruasi
Sebagian perempuan yang sedang menstruasi biasanya mengalami kram perut. Vitamin E bisa digunakan untuk meredakan kram saat menstruasi. Untuk menyembuhkan kram saat menstruasi dengan vitamin E, caranya cukup konsumsi vitamin E dua kali sehari selama dua minggu sebelum siklus mens. Saat menstruasi tiba, maka kram pun tidak akan muncul lagi. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat vitamin E sebenarnya adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan vitamin C karena lebih alami dan ramah bagi tubuh.

Sumber gambar : http://a48df.easyurl.net/

Related Keyword: