Manfaat Vitamin C

Manfaat Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu zat penting yang diperlukan oleh tubuh. Manfaat vitamin C untuk kesehatan sangatlah banyak. Vitamin ini bisa kita peroleh melalui buah-buahan yang rasanya masam seperti jeruk, lemon, pepaya, dan buah-buahan lainnya. Lalu, manfaat apa saja yang bisa kita peroleh jika mendapatkan asupan vitamin C yang cukup? Berikut ini beberapa manfaat vitamin C yang mungkin selama ini belum banyak diketahui oleh masyarakat awam.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh
Manfaat yang satu ini tentu sudah bukan hal yang baru lagi. Banyak orang telah mengetahui bahwa vitamin C atau yang biasa disebut dengan asam askorbat ini berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. Seseorang yang cukup mendapatkan asupan vitamin C tidak akan mudah sakit dan tetap segar dan bugar. Oleh sebab itu, banyak orang yang mengkonsumsi supplemen vitamin C sebagai salah satu upaya untuk menjaga daya tahan tubuh.

Mencegah Sariawan
Pada tahun 1932, sebuah penelitian menemukan bahwa vitamin C adalah agen yang mampu mencegah penyakit sariawan. Seseorang yang mendapatkan asupan vitamin C dalam jumlah yang cukup tentu tidak akan mudah terkena sariawan. Selain itu, bagi Anda yang menderita sariawan, konsumsi vitamin C dari buah-buahan juga akan membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Buah yang sangat efektif untuk menyembuhkan sariawan adalah pepaya. Pepaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Konsumsi pepaya secara teratur akan membuat sariawan Anda cepat sembuh.

Meningkatkan Kinerja Otak
Manfaat vitamin C yang satu ini mungkin memang belum banyak diketahui orang. Namun, vitamin C ternyata juga memiliki pengaruh untuk meningkatkan kinerja otak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Texas Woman’s University, mereka menemukan bawa siswa yang memiliki kandungan vitamin C lebih banyak di dalam darah memiliki IQ yang lebih baik daripada siswa yang kadar vitamin C di dalam darahnya lebih rendah.

Menangkal Berbagai Macam Penyakit
Vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini berperan untuk menghilangkan radikal bebas akibat polusi maupun kuman yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh yang berpotensi menyebabkan seseorang menjadi sakit. Oleh sebab itu vitamin C menjadi asupan yang efektif untuk menjaga sistem imun dan menjaga tubuh tetap segar dan bugar.

Mencegah Stroke
Banyak bukti yang memperlihatkan bahwa diet yang tinggi antioksidan dari sayuran dan buah-buahan dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Namun, dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, orang-orang yang memiliki kadar vitamin C terteinggi di dalam tubuh memiliki resiko paling rendah untuk terkena stroke, khususnya, pada wanita.

manfaat vitamin c

Menurunkan Resiko Kanker
Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa perempuan yang mendapatkan banyak asupan vitamin C dari sayuran atau buah-buahan memiliki resiko yang lebih rendah untuk terserang penyakit kanker payudara, salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum perempuan. Vitamin C dipercaya dapat menjadi racun untuk sel-sel kanker jenis tertentu.

Mengobati Infeksi Vagina
Infeksi vagina adalah penyebab keputihan yang paling umum pada kaum perempuan. Keputihan tentu menimbulkan rasa tidak nyaman dan bau yang tidak sedap. Keputihan mempengaruhi sekitar 30% wanita hamil dan 1 dari 10 wanita biasa. Dari penelitian terbaru diperlihatkan bahwa vagina yang diberi vitamin C 250 mg selama 6 hari mampu mengobati BV (bacterial vaginosis) dengan cara menurunkan kadar pH vagina.

Meningkatkan Mood
Kekurangan vitamin C ternyata juga dapat mempengaruhi keadaan psikologis seseorang. Seseorang yang mendapatkan cukup vitamin C memiliki suasana hati yang lebih baik daripada mereka yang tidak. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan oleh McGill University yang memperlihatkan bahwa pemberian vitamin C 500mg untuk pasien yang mengalami kekurangan vitamin C sebanyak dua kali sehari dapat membantu meningkatkan mood atau suasana hati mereka secara signifikan.

Menjaga Kesehatan Kulit
Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat penting untuk kulit karena salah satu manfaat vitamin C adalah menghilangkan radikal bebas akibat usia dan paparan sinar matahri. Pemberian vitamin C dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, memperbaiki tekstur, dan warna kulit.