Manfaat Kayu Manis

Manfaat Kayu Manis

Manfaat Kayu Manis

Manfaat kayu manis untuk bumbu makanan sudah dikenal luas dalam dunia masak-memasak. Biasanya digunakan sebagai bumbu pemanis makanan. Selain itu, kita bisa menemukan kayu manis sebagai penghias makanan yang dipotong kecil-kecil sekitar lima sentimeter. Aroma rempah yang satu ini sangat mudah dikenali.

Kayu manis memiliki nama ilmiah cinnamomum zeylanicum spp atau kita lebih sering mendengar cinnamon. Tanaman dari Yunani ini memang memiliki rasa manis bahkan lima puluh kali daripada gula. Di Indonesia, kayu manis banyak tumbuh di pulau jawa. Beberapa jenis kayu manis yang tumbuh di Indonsia antara lain kayu manis Burmannii BL, C. Zuylanicum BL, dan C. Massoia Schewe.

Ternyata, selain bisa digunakan sebagai bumbu masakan, kayu manis juga dapat menunjang kesehatan dan penampilan Anda. Untuk kecantikan, tanaman yang berasal dari Sri Lanka ini mampu memerlancar peredaran darah dan menyalurkan nutrisi ke kulit. Kayu manis juga efektif untuk menghilangkan kerut , jerawat, dan iritasai pada kulit kepala.

Manfaat Kayu Manis

Untuk memanfaatkan kayu manis dalam dunia kecantikan, biasanya kayu manis diolah menjadi minyak. Anda bisa mencampurkan minyak kayu manis dan minyak zaitun pada wajah untuk melembabkan kulit wajah. Kayu manis juga bisa mengurangi kerut di bagian ujung mata Anda. Selain itu, bis apula berfungsi  untuk melembabkan bibir.

Selain utnuk melembabkan kulit, kayu manis juga dapat membantu mengobati jerawat. Namun, hati-hati karena akan terasa pedih jika Anda terlalu banyak mengolekannya ke jerawat. Lebih baik, campurkan terlebih dahulu kayu manis dnegan madu sebelum digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Lebih menakjubkan, kayu manis juga mampu bertindak membersihkan dan menyuburkan kulit kepala dengan cara menyingkirkan kulit mati dan mendorong sirkulasi darah di bagian tersebut. Untuk mendapatkan manfaat pada kulit kepala, campurkan saja sesudu buubk kayu manis bersama madu dan minyak zaitun, kemudian oleskan ke kulit kepala sambil memijat lembut. Setelah itu, biarkan setidaknya 15 menit sebelum menggunakan sampo. Bukan saja aman, kayu manis juga memberi pilihan lebih murah untuk merawat masalah rambut rontok dan bercabang jika digunakan secara konsisten.

Selain mujarab untuk bagian luar tubuh, penelitian menemukan kayu manis juga berkhasiat untuk dalam tubuh. Salah satu khasiatnya yakni dapat menurunkan kadar kolesterol LDL yang menyebabkan masalah kardiovaskular, melalui pengambilan setengah sendok rempah itu setiap hari.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kayu manis mungkin memiliki efek kontrol gula darah, membuat ia bermanfaat terutama bagi orang yang mengidap diabetes.

Hebatnya lagi, penelitian yang diterbitkan peneliti di Departemen Pertanian Amerika Serikat di Maryland menunjukkan, kayu manis diperoleh mengurangi Perkecambahan sel kanker leukemia dan limfoma, selain memiliki efek antipembekuan darah.

Melalui penelitian di Universitas Kopenhagen pula, pasien yang mengidap artritis diberi setengah sendok teh bubuk kayu manis dikombinasikan dengan satu sendok madu setiap pagi sebelum sarapan.Setelah seminggu, ditemukan pasien dapat merasakan perbedaan yang nyata dan bisa berjalan tanpa rasa sakit dalam periode satu bulan. Peneliti lain di Universitas Negeri Kansas, menunjukkan bahwa kayu manis mampu melawan bakteri E. coli dalam jus yang tidak dipasteur.

Bagi Anda yang sedang diet, kayu manis juga bisa menjadi solusi karena jika dicampur bersama teh hijau, kayu manis juga tersedia memiliki efek yang mampu mengontrol berat badan secara alami.

Rempah tersebut juga terbukti efektif untuk mengontrol rasa sakit senggugut di mana ia mengandung kimia alami yang disebut cinnamaldehyde.

Jadi, mulai sekarang, gunakan kayu manis di dapur Anda tak hanya sebagai bumbu masakan.

Related Keyword: