manfaat buah tomat

Manfaat Buah Tomat

Manfaat Buah Tomat

Buah-buahan dan sayuran memberikan banyak manfaat kesehatan bila dikonsumsi secara konsisten, begitu juga dengan tomat, yang mengandung antioksidan kuat, seperti vitamin A dan vitamin C, dan karotenoid, seperti lycopene. Lycopene dapat membantu mencegah atau mengurangi gejala kanker prostat, preeklamsia, leukoplakia dan penyakit kardiovaskular.

Kanker Prostat
Mengkonsumsi tomat dapat menurunkan tingkat resiko kanker prostat. Menurut hasil dari salah satu studi yang dilakukan, seseorang yang mengkonsumsi minimal dua porsi dalam bentuk saus atau produk lainnya dapat membantu menurunkan tingkat kanker prostat sebanyak 20 persen. Lycopene merupakan faktor utama yang dapat menjaga kekebalan tubuh terhadap kanker prostat.

Preeklamsia
Selain itu, buah ini dapat membantu membantu dalam pencegahan preeklampsia, yaitu suatu kondisi yang terjadi pada kehamilan di mana tekanan darah tinggi dan protein dalam urin berkembang. Menurut penelitian di salah satu universitas di New York, dua porsi atau sekitar 2 mg likopen yang dikonsumsi sehari-hari secara signifikan dapat menurunkan pengembangan preeklamsia pada wanita hamil.

Leukoplakia Oral dan Gingivitis
Konsumsi buah ini juga dipercaya dapat membantu mencegah dan mengurangi gejala leukoplakia, lesi prakanker di mulut dan daerah penghasil lendir lainnya. Dengan mengkonsumsi 8 mg likopen per hari dapat mengurangi gejala leukoplakia oral. Selain itu, lycopene membantu melawan penyakit periodontal, yang juga dikenal sebagai gingivitis. Vitamin C dalam buah ini dapat membantu dalam melindungi tubuh terhadap penyakit periodontal dan mempertahankan jaringan ikat mulut yang dapat dihancurkan oleh oksidan.

manfaat buah tomat

Penyakit Kardiovaskular
Kandungan karotenoid tinggi yang terdapat didalamnya, yaitu jenis antioksidan yang memberikan pigmen merah. Darah tinggi tingkat karotenoid berhubungan dengan rendahnya aterosklerosis, atau penebalan arteri karotid. Kadar plasma dengan jumlah karotenoid tinggi dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Beberapa studi awal menunjukkan konsumsi lebih tinggi dari buah-buahan dan sayuran kaya karotenoid dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menambahkan bukti dari manfaat mengkonsumsi karotenoid.

Nutrisi dan Kalori
Secangkir potongan atau irisan tomat mengandung sekitar 32 kalori, secangkir tomat memiliki 27 kalori dan seluruh bagian buah tomat memiliki sekitar 33 kalori. Satu porsi tomat memiliki sekitar 2 g serat dan 7 g karbohidrat. Tomat merupakan sumber gula alami dan merupakan sumber yang baik dari vitamin C, folat, lycopene dan vitamin A. Likopen adalah senyawa kimia yang membuat tomat berwarna merah. Anda membutuhkan asupan vitamin A setiap hari, dan secangkir tomat menyediakan antara 41 hingga 53 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk Anda.

Manfaat Lainnya
Mengkonsumsi secara teratur memberikan vitamin dan mineral yang rendah kalori. Makanan dengan kadar kalori rendah ini, dapat membantu anda untuk mengelola berat badan Anda dan menghindari beberapa efek yang memperburuk kondisi tubuh seperti obesitas. Selain itu, tomat memiliki efek pengurangan resiko terhadap beberapa jenis kanker. Dengan memasukkan tomat menjadi salah satu menu utama Anda sehari-hari atau menu diet ANda, akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi tomat setiap hari sama halnya dengan memenuhi sebagian dari kebutuhan tubuh terhadap sayuran hijau.

TIPS
Bagi Anda yang tidak menyukai rasa buah mentah, atau yang dimakan secara langsung, dapat mengolahnya menjadi varian makanan lainnya. Tomat bisa digabungkan menjadi salad atau sandwich, seperti kebanyakan masakan dari Italia. Bila Anda menggunakan produk tomat kalengan, belilah produk yang memilki tingkat sodium rendah untuk menghindari kelebihan asupan sodium bagi tubuh.
Sup tomat yang memiliki natrium tinggi juga bisa menjadi pilihan menu. Sedangkan bentuk lainnya, Anda dapat mengolah tomat untuk menjadi jus tomat, campuran yogurt, saus barbeque, kue, dan menggunakan berbagai resep lainnya untuk mengolah tomat sesuai dengan selera Anda.

Sumber gambar:http://bit.ly/10JNYvO

Related Keyword: