Manfaat Buah Sirsak

Manfaat Buah Sirsak

Manfaat Buah Sirsak

Tidak bisa dipungkiri bahwa manfaat buah sirsak untuk kesehatan memang sangat banyak. Buah yang memiliki rasa manis dan asam ini ternyata memiliki banyak nutrisi penting baik bagi kesehatan tubuh manusia. Buah sirsak kaya akan mineral, vitamin, dan serat pangan. Bahkan serat yang terkandung di dalam 100 gram daging buah sirsak dapat memenuhi kebutuhan serat harian sekitar 13 persen. Bagi Anda yang selama ini enggan untuk mengkonsumsi buah sirsak, berikut ini beberapa manfaat sirsak yang mungkin akan membuat Anda tertarik untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.

Menghilangkan Kolesterol Jahat
Serat yang terkandung di dalam buah sirsak berfungsi untuk menyerap kolesterol jahat di dalam tubuh dan mempermudah kolesterol tersebut keluar dari dalam tubuh sehingga yang tersisa di dalam tubuh hanya tinggal kolesterol baik. Kadar kolesterol jahat yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu bagi Anda yang bermasalah dengan kolesterol, Anda dapat minum jus buah sirsak secara teratur.

Menjaga Daya Tahan Tubuh dan Mencegah Penuaan Dini
Selain kaya akan serat, buah sirsak juga kaya akan vitamin C. Untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C bagi tubuh sebesar 60 mg, Anda hanya perlu mengkonsumsi 300 gram buah sirsak setiap hari. Vitamin C berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh, mengatasi radikal bebas, dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Menjaga Kesehatan Tulang
Buah sirsak mengandung berbagai zat mineral penting bagi tubuh seperti kalsium dan fosfor. Setiap 100 gram buah sirsak mengandung 14 mg kalsium dan 27 mg fosfor. Kedua kandungan mineral ini merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, sirsak juga mengandung banyak tembaga yang dapat membantu proses penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga dapat menambah kebutuhan nutrisi tulang dengan baik

Manfaat Buah Sirsak

Mencegah Penyakit Kanker
Annonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat di dalam buah sirsak. Zat ini bermanfaat untuk mencegah berbagai macam virus dan kanker yang berdampak buruk bagi tubuh. Zat-zat yang terkandung di dalam buah sirsak dapat menurunkan jumlah sel kanker untuk 12 jenis penyakit kaner seperti kanker usus besar, kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, dan beberapa jenis penyakit kanker lainnya.

Mengatasi Sakit Kepala Sebelah (Migrain)
Buh sirsak kaya akan vitamin B2 atau riboflavin. Vitamin B2 berkhasiat untuk menurunkan sakit kepala, termasuk mengatasi sakit kepala sebelah.

Mencegah Penyakit Anemia
Bagi Anda yang sering lemas, Anda mungkin kekurangan sel darah merah. Manfaat buah sirsak dapat membantu meningkatkan sel-sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia. Anda dapat mengkonsumsi buah sirsak sebagai jus atau dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan manfaat ini.

Meningkatkan Energi
Selain buahnya yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, aroma buah sirsak yang menyegarkan juga dapat meningkatkan mood. Sedangkan thiamin yang terkandung di dalam buah sirsak dapat membantu meningkat energi sehingga Anda pun menjadi lebih bersemangat dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari.

Mengatasi Wasir atau Ambeien
Manfaat buah sirsak ternyata juga dapat membantu menyembuhkan ambeien. Untuk menyembuhkan ambeien dengan buah sirsak, penderita ambeien dapat mengkonsumsi air sari buah sirsak yang sudah matang sebanyak satu gelas. Minum ramuan ini dua kali sehari secara teratur untuk mempercepat proses penyembuhan ambeien.

Menyembuhkan Bisul
Bagi Anda yang sedang bisulan dan bingung mencari obat yang tepat, buah sirsak ternyata memiliki manfaat yang efektif untuk menyembuhkan bisul. Untuk pengobatan bisul dengan sirsak caranya ambil buah sirsak yang masih muda. Remas-remas buah tersebut dan tempelkan di bagian tubuh yang terkena bisul selama 20 menit. Lakukan hal ini secara teratur agar bisul dapat segera sembuh.

Menjaga Kelembaban Kulit
Memiliki kulit yang kering bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C. Buah sirsak kaya akan vitamin C yang dapat membantu menjaga kelembutan dan kesehatan kulit tubuh. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah sirsak secara teratur untuk membuat kulit menjadi lebih sehat, kenyal, dan lembab.

sumber gambar : http://bit.ly/12EASAX

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder