manfaat buah mangga

Manfaat Buah Mangga

Manfaat Buah Mangga

Mangga adalah buah yang berasal dari tanaman di Asia Selatan yang memiliki sejarah budidaya lebih dari 4.000 tahun silam. Buah mangga dipercaya memiliki serta tinggi serta kaya akan nutrisi yang dapat membantu mengatasi ketidakseimbangan kesehatan pada tubuh.

VITAMIN
Mangga memiliki 12 vitamin yang berbeda. Secara umum, vitamin dapat meningkatkan pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif. Mangga kaya akan vitamin A, B-6 dan folat atau vitamin B-9, dan vitamin C. Vitamin A dapat menjaga kesehatan kulit, gigi, tulang, serta jaringan tubuh. Nutrisi ini juga penting untuk penglihatan. Pigmen yang terdapat dari buah mangga berwarna oranye ini mengantund karotenoid, antioksidan dan prekursor vitamin A. Antioksidan menetralkan molekul yang dikenal sebagai radikal bebas yang terbentuk selama proses pencernaan. Molekul ini dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit, jika antioksidan tidak dapat menghentikannya. Folat dan vitamin B-6 merupakan bagian dari vitamin B kompleks, yang dapat mengontrol fungsi enzim selama proses pencernaan. Sehingga makanan dapat dipecah menjadi sumber energi. Vitamin B-6 juga memperkuat kegiatan sistem saraf dan kekebalan tubuh, juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda melalui sel darah merah yang sehat. Mengkonsumsi vitamin C yang cukup, dapat membantu Anda mencegah tubuh dari pilek dan flu. Vitamin C mendorong sel darah putih Anda untuk bekerja lebih efisien untuk menghancurkan kuman dan bakteri. Satu porsi jus mangga mengandung dua pertiga dari kebutuhan harian yang direkomendasikan vitamin C Anda.

manfaat buah mangga

BETA-KAROTEN
Satu porsi jus mangga juga dapat memberikan seperempat asupan beta-karoten harian dari yang direkomendasikan. Warna oranye mendalam mangga pasokan beta-karoten. Tubuh Anda menggunakan beta-karoten untuk membuat vitamin A, yang dapat menjaga kesehatan mata. Vitamin A dan beta-karoten juga bekerja bersama untuk menyehatkan kulit dan tulang.

POTASSIUM
Jus mangga mengandung kalium, mineral yang membantu hati, saraf dan otot tubuh untuk berfungsi dengan baik. Kalium juga mengatur tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh Anda. Satu cangkir buah mangga dapat memberikan sekitar 325 mg potasium. Satu porsi jus mangga, tanpa air ditambahkan atau gula, mengandung sekitar 300 mg kalium.

MINERAL
Mangga dipercaya memiliki macromineral. Macromineral adalah zat yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar. Kalsium, misalnya, merupakan macromineral, tetapi hanya 2 persen saja yang terdapat dari asupan jenis makanan, sedangkan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah sekitar 9 persen dari porsi harian Anda. Tubuh membutuhkan mineral yang cukup dalam aliran darah. Zat tembaga bekerjasama dengan zat besi dan mineral lain untuk memproduksi sel darah mera. Gizi yang terkandung dalam mangga, juga dapa tmenyehatkan pembuluh darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh, serta berguna untuk fungsi saraf aktif. Kalium merupakan konsentrasi terbesar pada macromineral mangga. Kalium sangat penting untuk kesehatan jantung, ginjal, saraf dan juga pencernaan.

ASAM AMINO
Asam amino merupakan sebuah nutrisi yang penting, yang terkandung dalam mangga. Tubuh membutuhkan asam amino esensial sepanjang waktu, tetapi belum tentu tubuh Anda dapat mencukupi hal ini. Anda perlu memakan makanan yang memenuhi nutrisi untuk asam amino. Asam amino juga merupakan suatu bagian yang dapat membentuk protein. Sebuah protein yang lengkap dapat mengandung semua asam amino yang ada, seperti yang terkandung dalam buah mangga.

KARBOHIDRAT DAN SERAT
Karbohidrat merupakan senyawa gula yang dibutuhkan oleh tubuh. Mangga mengandung tiga jenis gula, yaitu sukrosa, glukosa dan fruktosa. Buah ini juga menyediakan 11 persen dari asupan serat makanan yang direkomendasikan. Enzim-enzim tubuh Anda akan dibantu untuk memproduksi dan emmecah serat, serta membuang racun dari dalam tubuh.

Selain beberapa manfaat mangga diatas, masih terdapat banyak lagi manfaat lainnya yang dapat dihasilkan dari satu buah mangga. Dengan mengkonsumsi mangga secara rutin dalam menu harian, Anda sudah melakukan tahapan untuk meminimalkan penurunan kondisi kesehatan Anda.

Sumber gambar: http://bit.ly/12PCALv

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder