manfaat buah-buahan

Manfaat Buah Buahan

Manfaat Buah Buahan

Sepertinya tidak ada lagi yang meragukan buah-buahan sebagai sumber vitamin dan gizi yang baik. Dan seperti yang telah diketahui bersama, buah seringkali mempunyai nilai-nilai ekonomi sebagai bahan pangan atau bahan baku industri karena di dalamnya ada tersimpan berbagai macam kandungan metabolisme tumbuhan, baik itu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, alkaloid, mineral dan lain-lain. Dengan mengkonsumsi buah-buahan maka dimungkinkan seseorang akan mendapatkan gizi yang nantinya bisa membantu menjaga kesehatannya. Selain itu, buah-buahan juga dapat meningkatkan energi serta kebutuhan vitamin pada tubuh manusia.

Jika dikaji lebih mendalam, sebenarnya kandungan mineral dan vitamin buah-buahan dianggap hampir sama dengan berbagai kandungan yang tersimpan dalam sayuran. Namun yang menjadi perbedaannya adalah buah-buahan dapat dikonsumsi secara langsung atau dimakan mentah setelah dipetik, sedangkan sayur-sayuran lebih sering dikonsumsi dengan proses pengolahan terlebih dahulu atau dimasak. Makanan yang sudah diolah terlebih dahulu apalagi dengan cara dimasak memungkinkan untuk menyebabkan kehilangan sedikit banyak kandungan vitamin asli. Tentunya, apabila kita mengkonsumsi bahan mentah dan segar akan sangat bagus guna memberikan cadangan kesemua mineral maupun vitamin untuk diserap oleh perut dan usus.

Buah-buahan menjadi salah satu cara guna menghindarkan atau mencegah kita agar tidak terserang penyakit ringan maupun penyakit berat. Itu manfaat bagi organ dalam tubuh, karena buah-buahan juga bisa digunakan untuk menggunakan obat luar seperti perawatan wajah dan kulit dari jerawat, bisul, dan lain-lain. Nah, kira-kira apa saja yang membuat memiliki manfaat sangat baik bagi tubuh manusia?

  • Pertama tentunya adalah kandungan yang ada didalamnya. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, buah mengandung banyak vitamin, protein, mineral, gizi dan lain-lain. Dalam hal ini tubuh kita tentunya membutuhkan berbagai kandungan baik tersebut agar tetap sehat dan bugar.
  • Tidak seperti bahan pangan lain, buah-buahan ternyata  memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki sama sekali kandungan kolesterol didalamnya sehingga sangat aman dikonsumsi. Perlu diingat bahwa kolesterol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung serta penyakit lainnya.
  • Kandungan Antioksidan dalam buah dapat menjaga kekebalan tubuh manusia. Selain itu, radikal bebas yang berperan aktif pada efek penuaan dini maupun penyakit lainnya, mampu netralisir oleh Antioksidan dalam buah.
  • Buah-buahan memiliki banyak kandungan serat yang cukup baik. Serat alami tersebut sangat bermanfaat sekali guna mencegah berbagai penyakit, mulai dari sembelit, ambeien sampai kanker kolon.
  • Kanker sepertinya memang masih menjadi penyakit yang menakutkan. Namun sebenarnya, penyakit kanker juga dapat diobati dengan terapi yang menggunakan diet jus buah maupun sayuran dengan terprogram. Sebagai contoh, khasiat buah yang memiliki warna ungu atau merah seperti tomat dan strawberry sangat banyak mengandung lycopene dan anthocyanins. Kandungan tersebut memiliki khasiat guna mencegah serta mengobati penyakit kanker.
  • Kemampuan daya ingat tentunya tergantung dengan kesehatan otak kita. Nah, buah-buahan ternyata sangat bermanfaat dan sangat penting untuk menjaga kemampuan daya ingat serta mengolah informasi dalam otak kita. Bahkan lebih penting lagi, buah-buahan juga mampu mencegah penyakit alzheimer atau dikenal dengan pikun.

manfaat buah-buahan

Bagaimana rekomendasi buah yang baik dan harganya terjangkau untuk dikonsumsi guna menjaga kesehatan tubuh? Memang kita tidak harus mengkonsumsi buah-buahan langka yang harganya selangit. Sebagai contoh kita masih bisa mengkonsumsi Mangga, Kelapa, Jeruk, Alpukat, Nanas, Pepaya, Apel, Lemon, Pisang dan lain-lain. Beberapa buah-buahan tersebut sangat lazim ditemui di berbagai pasar maupun swalayan serta terjangkau. Meski demikian kandungannya cukup kaya dan berguna untuk kesehatan tubuh. Misalnya, kelapa mempunyai kandungan antioksidan yang melembutkan kulit, mengurangi keriput serta menguatkan tulang dan gigi. Vitamin dan mineral dalam buah kelapa diantaranya adalah vitamin B2, vitamin C dan zat besi. Atau juga Mangga yang mengandung vitamin C dan beta karoten yang mampu untuk membantu kulit wajah bebas dari berbagai masalah.

Jadi jangan ragu lagi untuk rajin-rajin mengkonsumsi buah-buahan, demi kesehatan tubuh dan berbagai kebaikan lainnya.

sumber gambar : http://bit.ly/1d7U6Rd

Related Keyword: