manfaat buah apelmanfaat buah apel

Manfaat Buah Apel

Manfaat Buah Apel

Anda pasti tahu apakah itu buah apel tapi apakah anda tahu apa saja khasiat yang terkandung dalam buah apel? tentu sebagian besar menganggap bahwa apel hanya berfungsi sebagai pelengkap dalam makanan 4 sehat 5 sempurna yang memiliki vitamin dan serat untuk tubuh kita, tapi sebenarnya tidak cuma itu saja khasiat yang dimiliki buah apel.

Sampai saat ini penelitian mengenai manfaat buah apel tidak pernah berhenti, banyak sekali ditemukan manfaat dan khasiat buah apel. Ternyata apel yang kita anggap biasa-biasa itu memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat yang terkandung di dalamnya, diantaranya adalah

Mencegah dan mengobati berbagai jenis kanker

Ternyata apel dapat mengurangi resiko penyakit kanker usus besar, kanker paru-paru, dan kanker prostat. Walaupun buah apel hanya mengandung vitamin C yang tidak seberapa dibandingkan buah lainnya, namun buah apel kaya akan senyawa antioksidan yang mampu mencegah penyakit kanker.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolestrol tidak terdapat pada kandungan buah apel, malah buah apel memiliki serat yang dapat mengurangi kolestrol dengan cara mencegah reabsorpsi. Jika kita mengkonsumsi apel secara teratur ternyata bisa menurunkan kadar kolestrol di dalam darah, makan 2 apel sehari secara teratur mampu menurunkan sekitar 16% dari lemak jahat ini.

manfaat buah apelmanfaat buah apel

Menjaga dan Mencegah Kelebihan Berat Badan

Diet mengalami kesulitan? menahan lapar setiap hari demi mendapatkan tubuh idaman? jangan terlalu sering menahan lapar karena dapat berdampak pada kesehatan. Makan apel teratur setiap hari mampu menurunkan berat badan karena dapat melancarkan pencernaan pada usus, pada buah apel terdapat serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Mencegah Kepikunan
Buah apel memiliki kandungan kuersetin, zat kuersetin dapat melindungi otak dari serangan radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit alzeimer. Sebuah Universitas bernama Cornell telah melakukan studi yang berkaitan dengan ini.

Mencerdaskan Otak
Buah apel memang dapat mencegah kepikunan atau penyakit alzeimer, ternyata selain mencegah penyakit tersebut, kandungan asetikolin yang terdapat pada buah apel bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kecerdasan pada otak. Daya ingat otak semakin meningkat bila mengkonsumsi apel secara teratur.

Mengembalikan Stamina Tubuh
Asam laktat dalam tubuh meningkan pada orang yang sedang berolahraga atau sedang mengalami stres. Ternyata apel mengandung zat kalium dan enzim yang mampu meredakan kelelahan saat berolahraga dan mengurangi kadar asam laktat dalam tubuh, maka dari itu jika lelah setelah olahraga sangat baik untuk mengkonsumsi buah apel.

Merawat Gigi
Apakah anda memiliki gigi yang putih berseri? gusi yang sehat? pastinya tidak ingin gigi dan gusi anda menjadi rusak, kuning dan sebagainya. Dengan mengkonsumsi buah apel secara teratur setiap hari dipercaya dapat membuat gigi anda selalu bersih bebas dari bakteri dan virus perusak gusi dan gigi.

Demikian lah beberapa manfaat buah apel, ada banyak sekali manfaat pada buah apel, mengkonsumsi apel setiap hari sangatlah baik untuk kesehatan dan keseimbangan tubuh kita apalagi jika kita memiliki aktivitas yang padat, kita perlu memperhatikan kesehatan kita di zaman yang modern ini karena masyarakat zaman ini banyak sekali mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti fast food, makanan berlemak, dan lain-lain belum lagi jika makanan kita dicurangi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab seperti penambahan borax atau formalin yang tentunya sangat tidak baik bagi tubuh kita dan dapat menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker, maka dari itu tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsi buah apel untuk menjaga kesehatan kita.

Sumber gambar : http://bit.ly/13Hc8tE