Manfaat Bawang Putih

Banyak orang belum mengetahui manfaat bawang putih. Padahal bawang putih merupakan salah satu bahan makanan yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita karena hampir setiap hari masakan yang kita masak selalu menggunakan bawang putih sebagai bumbu yang membuat makanan menjadi memiliki rasa yang enak. Di samping itu, bawang putih memang memiliki aroma yang menyengat. Bahkan, jika kita memakannya secara mentah kadang-kadang masih sering meninggalkan bau tidak sedap di mulut.
Namun, dibalik aromanya yang khas dan kuat tersebut, bawang putih ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Bahkan, kita mungkin tidak pernah menduga sama sekali manfaat bawang putih tersebut dan mengira bahwa bawang putih hanyalah bumbu untuk penyedap masakan. Bawang putih yang memiliki nama ilmiah Allium Sativum ini ternyata memiliki manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

manfaat bawang putih

manfaat bawang putih

Untuk informasi lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan:
Menyuburkan rambut
Bagi Anda yang memiliki masalah kerontokan rambut, bawang putih dapat menjadi pilihan yang tepat. Bawang putih memiliki kandungan Allicin yang tinggi. Kandungan ini hampir sama dengan senyawa belerang yang terdapat dalam bawang merah. Allicin dipercaya mampu membantu mengatasi masalah kerontokan rambut. Bagaimana caranya? Caranya, iris bawah putih agak tipis kemudian gosokkan irisan bawang tersebut di kulit kepala. Setelah itu, pijat-pijat kulit kepala dan bilas rambut dengan air dan shampo sampai bersih.
Menghilangkan Jerawat
Penggunaan bawang putih untuk obat jerawat mungkin memang begitu banyak. Namun kenyataannya bawang putih adalah obat alami yang dapat menghilangkan jerawat. Bawang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membunuh kuman dan bakteri. Untuk menghilangkan jerawat dengan bawang putih, caranya gosokkan irisan bawang putih di bagian permukaan jerawat pelan-pelan.
Menyembuhkan Penyakit Kulit
Bawang putih telah terbukti memiliki khasiat anti radang sehingga bawang putih juga efektif untuk mengurangi resiko terjangkit penyakit kulit. Anda bisa mencoba mengoleskan sedikit minyak bawang di bagian kulit yang terinfeksi. Hasilnya, kulit pun akan menjadi lebih halus.
Obat Flu
Dengan kandungan antioksidan di dalam bawang putih, antioksidan tersebut secara tidak langsung akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda terkena flu, cobalah meminum teh bawang putih. Untuk membuat teh bawang putih cukup masukkan beberapa irisan bawang putih ke dalam air panas. Seduh selama beberapa menit dan saring. Teh bawang putih pun siap diminum. Rasanya memang tidak enak, namun Anda bisa menambahkan jahe atau madu untuk membuat rasanya lebih nikmat.
Menghilangkan Gatal
Bawang putih memiliki sifat anti jamur sehingga bawang putih dapat menjadi obat yang ampuh untuk menghilangkan gatal, terutama gatal-gatal di kaki. Jika kaki gatal-gatal, cincang beberapa siung bawang putih dan campurkan di bak yang berisi air hangat. Setelah itu rendam kaki yang gatal selama beberapa menit.
Menjaga Berat Badan
Percaya atau tidak, seorang ahli gizi menyebutkan bahwa penelitian terhadap tikus yang makan bawang putih secara teratur menunjukkan pengurangan lemak dan penurunan berat badan. Hal ini tentu menjadi berita baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Cobalah menggunakan bawang putih untuk masakan-masakan Anda sehingga selain sehat, perut pun menjadi ramping.

Menyembuhkan Sariawan
Bawang putih memiliki kandungan zat yang dapat membantu proses penyembuhan sariawan. Dengan sidat alami bawang putih yang anti inflamasi tersebut, maka bawang putih akan membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada penderita sariawan.

Menjauhkan Nyamuk
Berdasarkan sebuah penelitian di India, orang-orang yang mengolesi tubuhnya dengan ramuan bawang putih di tangan dan kaki mereka tidak akan digigit oleh nyamuk. Untuk membuat lotion anti nyamuk dari bawang putih, Anda bisa membuat larutan minyak bawang putih, lilin lebah, dan minyak jeli. Jika Anda tidak nyaman, Anda bisa menempatkan bawang putih di area tertentu sehingga nyamuk pasti tidak akan mendekati area tersebut sehingga Anda pun bebas dari ancaman terkena gigitan nyamuk.

Manfaat-manfaat bawang putih di atas hanyalah sebagian manfaat dari bawang putih. Setelah mengetahui betapa banyak manfaat bawang putih, Anda mungkin akan mulai mempertimbangkan untuk selalu menggunakan bawang putih dalam setiap masakan Anda.

sumber gambar : http://4956c.easyurl.net

manfaat bawang putih

Related Keyword: