Manfaat Bawang Merah

manfaat bawang merah
sumber gambar : http://54982.easyurl.net/

Manfaat bawang merah mungkin selama ini belum begitu diketahui secara mendalam karena sebagian besar orang hanya mengira bahwa bawang merah hanya sebagai penyedap masakan. Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang sering kita gunakan. Tanpa kita sadari bawang merah yang kita gunakan sehari – hari tersebut ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, apalagi lagi jika kita memakan bawang merah dalam keadaan masih mentah atau belum digoreng dan dicampurkan ke dalam masakan.

Rasa bawang merah memang agak pedas. Selain itu saat kita mengiris bawang biasanya kita juga bisa menangis karena efek dari minyak atsiri yang terkandung dari bawang merah tersebut. Namun rasa yang pedas tersebut tentu tidak sebanding dengan manfaat yang dapat diberikan oleh bumbu dapur ini. Lalu, apa saja kira-kira manfaat dari bawang merah yang bisa kita peroleh?

Menyembuhkan Sembelit
Anda sering mengalami sembelit? Mungkin saja Anda kurang mengkonsumsi bawang merah. Mengapa demikian? Bawang merah mengandung serat alami yang dapat membantu membuang partikel makanan keras dan racun yang terjebak di dalam usus. Jika Anda sedang mengalami sembelit, jangan ragu-ragu untuk makan satu atau dua siung bawang merah mentah. Anda juga dapat mencampurkan bawang merah mentah tersebut di dalam salad sehingga rasa pedasnya dapat tertutup oleh rasa komponen yang lain.

Mengontrol Diabetes
Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang karena penyakit ini memang sulit untuk disembuhkan. Namun, bagi para penderita diabetes, Anda bisa memulai hidup yang lebih sehat dan mengontrol diabetes Anda dengan mengkonsumsi bawang merah mentah. Bawang merah mentah mengandung zat yang dapat membantu produksi hormon insulin di dalam pankreas. Untuk hasil yang lebih efektif, perbanyak mengkonsumsi salad bawang merah secara teratur. Pasti, kondisi Anda akan jauh lebih baik dan terkontrol.

Menyembuhkan Wasir
Bawang merah adalah salah satu obat alami yang ampuh untuk membantu menyembuhkan wasir atau ambeien. Sudah sejak lama bawang merah digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini dan terbukti cukup efektif. Cara pengobatannya juga hampir sama yaitu Anda cukup mengkonsumsi bawang merah mentah.

Mengobati Pendarahan
Pendarahan di hidung atau mimisan seringkali terjadi tanpa diduga-duga. Untuk mencari obat yang tepat dan mudah, bawang merah merupakan solusi yang cepat dan ampuh. Apalagi bawang merah juga sudah selalu tersedia di dapur. Cara pengobatannya, iris-iris bawang merah. Setelah itu hirup aroma bawang merah tersebut secara perlahan.

Mengontrol Kadar Kolesterol
Bawang merah ternyata juga dapat berperan penting dalam mengatur kadar kolesterol di dalam tubuh. Bagaimana cara kerjanya? Bawang merah mampu mengontrol kolesterol di dalam tubuh dengan cara mengurangi LDL (kolesterol jahat). Selain itu, bawang merah juga memiliki kandungan sulfida metylallyl dan asam amino sulfur. Kandungan ini menjadikan bawang merah dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan membantu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh.

Melindungi Jantung
Manfaat bawang merah ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Mengkonsumsi bawang merah yang masih mentah secara teratur akan melindungi jantung Anda dari resiko penyakit jantung koroner. Selain itu, makanan ini juga dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi di dalam tubuh dan membuka pembuluh arteri yang tersumbat.

Membantu Mencegah Kanker
Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti karena sampai saat ini belum ada cara pengobatan yang benar – benar efektif untuk menyembuhkan penyakit yang satu ini. Namun, ternyata kita bisa mencegah kanker dengan manfaat bawang merah mentah. Bawang merah memiliki kandungan senyawa belerang yang cukup tinggi. Belerang atau sulfur ini mampu melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, kanker usus, kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker lambung. Selain kanker, mengkonsumsi bawang merah mentah juga dapat membantu penyembuhkan gangguan saluran kemih.

Mencegah Penyakit TBC
Bawang merah mampu mencegah tubuh terserang penyakit TBC. Bawang merah mengandung zat yang bersifat penghancur untuk mikroba TBC dan amuba disentri yang menjadi kuman penyebab terjadinya penyakit TBC.

Itu tadi beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh saat mengkonsumsi bawang merah mentah. Oleh sebab itu, jangan ragu-ragu untuk makan bawang merah mentah untuk mendapatkan manfaat bawang merah secara optimal.

Related Keyword: