Makanan khas indonesia

Makanan Khas Indonesia

Makanan Khas Indonesia

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam daerah. Ini menandakan bahwa Indonesia itu beranekaragam, mulai dari bahasa daerahnya hingga kulinernya. Berbicara mengenai, kuliner memang tak akan ada habisnya. Indonesia benar-benar surga makanan karena sangat banyak makanan khas Indonesia dari berbagai daerah. Selain itu makanan Indonesia berbeda dengan makanan-makanan khas dari negara lain karena kaya akan rempah-rempah sehingga begitu menggiurkan bahkan hanya dengan memikirkannya. Tak ayal, banyak warga Indonesia yang merindukan makanan khas Indonesia saat di sedang menimba ilmu atau berlibur di negeri orang. Bahkan banyak wisatawan mancanegara yang menyukai makanan khas Indonesia. Bisa dilihat dengan adanya tayangan di TV dimana sang artis mancanegara diwawancarai tentang makanan Indonesia yang mereka suka. Banyak yang mengatakan sate, nasi goreng dan lain sebagainya.

1. Rendang

Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat yang sangat lezat. Kelezatannya bahkan sudah diakui di dunia. Dijamin sekali makan rendang, anda akan ketagihan dan ingin makan terus. Rendang merupakan potongan daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah dan santan. Rendang dapat dengan mudah kita temukan di Warung Nasi Padang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Rendang di Sumatera Barat dapat kita bedakan dari porsi santannya. Biasanya untuk di daerah dekat pantai seperti kota Padang, mereka membuat rendang dengan porsi santan yang lebih banyak dibandingkan dengan yang dibuat oleh warga di daerah pegunungan seperti Bukittinggi. Rendang paling enak dimakan memakai tangan bersama dengan sambal ijo Padang dan daun singkong. Sungguh kelezatan yang tiada tara.

2. Bakso Malang

Bakso kuah yang kita sering lihat memang bukan berasal dari Indonesia. Tapi bakso Malang hanya ada di Indonesia. Bakso Malang terdiri dari beberapa butir bakso (biasanya 2-3 butir), tahu putih, mie gulung, pangsit dan ada juga yang menambahkan siomay di dalamnya dan juga ditaburi oleh daun bawang dan bawang goreng. Bakso Malang sangat pas dinikmati kapan saja apalagi saat sedang hujan. Itu akan menambah kenikmatan tersendiri.

3. Pempek

Siapa yang tidak tahu pempek. Pempek merupakan makanan khas Palembang yang terkenal, ada pempek kapal selam dan lain-lain. Pempek terbuat dari sagu dan biasanya diisi telur di dalamnya lalu dihidangkan bersama kuah pedas dan juga biasanya ada yang menambahkan dengan mie dan timun yang sudah dipotong-potong. Harga pempek juga tidak mahal hanya sekitar 5-10ribuan.

4. Soto

Ada banyak soto yang ada di Indonesia, seperti soto Betawi, soto Surabaya, dan lain-lain. Soto biasanya berisi mie putih, sayuran, dan daging-dagingan serta disiram oleh kuah. Soto sangat pas dinikmati bersama sambal yang pedas di saat musim hujan.

5. Gado-gado

Pasti sudah banyak yang tahu tentang gado-gado. Makanan khas Betawi yang populer berisi sayur-sayuran rebus, tempe dan tahu yang diguyur dengan kuah kacang yang diulek.

6. Sate

Makanan khas indonesia

Kita pasti sering mendengar teriakan tukang sate di malam hari disertai dengan arome sate yang harum. Sate di Indonesia ada berbagai macam seperti sate Padang, sate Madura dan lain-lain. Sate merupakan potongan daging ayam, sapi atau kambing yang berada dalam satu tusukan lalu dibakar di atas tempat bakar dan disiram dengan saus kacang, kecap dan bawang goreng. Biasanya juga dimakan dengan lontong. Sate bisa menjadi makanan alternatif untuk anda yang sedang tidak ingin makan nasi.

7. Nasi Goreng

Tak lengkap rasanya apabila membahas makanan khas Indonesia namun tidak membahas nasi goreng. Nasi goreng sangat disukai oleh berbagai macam lapisan masyarakat Indonesia. Nasi goreng memang ada juga di negara lain hanya saja rasa nasi goreng di Indonesia lebih enak karena campuran dari berbagai macam rempah-rempah. Nasi goreng sangat praktis, bisa untuk bekal makanan anak ke sekolah, tamasya, atau hidangan sehari-hari. Anda bisa menambahkan telur, sosis, daging ayam, atau pun sayura-sayuran ke dalamnya.

sumber gambar : http://easyurl.net/c16a0