Makalah Puasa

Makalah Puasa

makalah puasa

 

Bab I

Pendahuluan

Puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban untuk muslim laki-laki dewasan dan muslim perempuan dewasa. selain itu, puasa merupakan salah satu jenis pola makan dengan tidak makan dan minum mulai dari matahari terbit sampai matahari terbenam, lama orang berpuasa bervariasi yaitu 13-18 jam perhari.

Di beberapa agama berpuasa merupakan salah satu ritual khusus. Dan pada Agama Islam,  puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban yang harus ditaati oleh semua muslim di dunia. Ramdhan adalah bulan ke sembilan pada penanggalan qomariah (penaggalan islam yang berdasar pada periode bulan) atau penaggalan lunar. Pola makan selama puasa hanya dua waktu, yaitu satu saat matahari terbenam dan satunya lagi saat fajar.

Puasa ramdhan dilakukan selama seharian dan sebulan, selain itu, dalam berpuasa tubuh menjalami proses pendisiplinan diet yaitu menahan makanan dan cairan masuk ke dalam tubuh, secara fisiologis tubuh juga menahan berbagai pikiran negatif yang mungkin dapat memicu stress, karena itu makalah yang singkat ini, kami membahas puasa sebagai pola makan dan dampaknya terhadap kesehatan.

Bab II

Puasa dan Kesehatan

Secara singkat dampak puasa terhadap kesehatan adalah memiliki kemampuan untuk menurunkan berat badan, total kolesterol, kolesterol LDL, dan rasio LDL/HDL. dengan melihat hasil yang mungkin didapatkan jika berpuasa, dapat disimpulkan puasa baik untuk menjaga kesehatan tubuh. tetapi pada kondisi tertentu, puasa dapat menjadi bumerang terhadap kondisi tubuh. itulah hikmahnya untuk beberapa syarat seseorang tidak diwajibkan untuk melakukan puasa. misalnya pada wanita yang sedang mengalami menstruasi dan hamil, tubuh dalam kondisi sangat rentan kekurangan zat besi, dan dengan berpuasa akan memperberat kondisi kekurangan tersebut, karena itu pada kondisi seperti ini puasa tidak diperbolehkan. demikian juga dengan kebijakan lainnya.

Bab III

Kesimpulan dan Saran

 

Related Keyword:

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder

One comment on “Makalah Puasa

  1. Pingback: artikel puasa | Hamil cepat