madu asli

Madu Asli

Madu Asli

Madu merupakan sesuatu yang tidak asing untuk kita. Madu adalah bahan alami yang memiliki rasa manis yang dihasilkan oleh lebah madu dimana memiliki komponen utama yaitu glukosa dan fruktosa serta beberapa komponen lainnya yaitu protein, asam amino, asam-asam organik, mineral, tepung sari,enzim, maltosa, sukrosa, oligosakarida, dan malezitos. Selain itu juga juga memiliki berbagai macam warna mulai dari yang tidak berwarna sampai dengan berwarna cokelat gelap. Pada umumnya yang berwana cokelat gelap memiliki sifat antioksidan yang lebih kuat daripada yang berwarna terang. Cita rasa dan aromanya pun berbeda-beda, tergantung dari sumber asalnya. Madu berwarna terang rasanya tidak setajam yang berwarna cokelat gelap. Masyarakat Mesir kuno 2.500 S.M membuat salep berupa campuran dari rumput, serat dan madu. Ada juga resep sederhana madu yang diperkenalkan oleh Hippocrates, yaitu mencampurnya dengan cuka dapat menjadi obat untuk menghilangkan rasa sakit. Bila anda haus, anda juga dapat menambahkannya pada air. Selain menghilangkan dahaga tentu juga lebih menyehatkan.

madu asliTernyata satu sendok makan madu bernilai 64 kalori atau 1 kg madu bernilai 2940 kalori dimana menurut Departemen Kesehatan setara dengan:

-5,675 liter susu sapi
-50 butir telur ayam
-25 buah pisang
-1,680 kg daging sapi
-40 buah jeruk

Madu sudah terkenal khasiatnya sejak dahulu.  Bahkan seorang filsuf Yunani, Athenaeus, mengatakan bahwa apabila seseorang mengonsumsinya setiap hari, maka ia akan terbebas dapi penyakit selama hidupnya. Namun khasiat-khasiat tersebut akan kelihatan apabila yang anda konsumsi adalah madu alami. Berikut khasiatnya:

1. Kesehatan

Bila anda mengkonsumsi madu secara rutin, anda akan dapat memperkuat sel darah putih dalam tubuh anda untuk melawan bakteri dan penyakit yang disebabkan oleh virus. Selain itu juga ampuh untuk melawan Salmonela shigela, E. Coli dan Vibrio cholera penyebab penyakit kolera yang telah merenggut jutaan nyawa penduduk di dunia. Ditambah dapat mengobati luka infeksi setelah operasi, mengatasi rasa pusing, mengobati infeksi saluran kencing, mengatasi gangguan pernapasan, menjaga tekanan darah, menyembuhkan radang tenggorokan, obat batuk dan pilek, masuk angin, mengatasi sembelit, meringankan gejala asma, mengobati penyakit anemia, dan mencegah osteoporosis.

Menurut Dr. Peter Molan dari University of Waikoato, New Zealand, madu memiliki sifat anti bakteri yang dapat mengatasi infeksi pada luka. Selain itu, kandungan zat inflamasinya dapat mengurangi nyeri dan meningkatkan sirkulasi yang dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru dan dapat mempercepat proses penyembuhan.

2. Kecantikan

Madu dapat anda gunakan untuk mempercantik diri karena dapat membuat kulit berkilau, mengencangkan wajah, scrubbing, memperlambat proses penuaan dini,  melembapkan bibir dan menghilangkan jerawat. Anda dapat mengaplikasikan wajah anda dengan masker madu dua kali seminggu. Caranya yaitu dengan mengoleskan madu murni selama 15 menit di wajah dan setelah itu bilas dengan air hangat atau anda bisa mencampurkannya bersama dengan bahan masker lain seperti lemon, putih telur, dan lain-lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Janice Cox, madu juga mampu melembapkan , melembutkan dan mencerahkan kulit.

Untuk menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya, anda bisa mengaplikasikannya bersamaan dengan bumbu kayu manis. Caranya yaitu dengan mencampurkan 3 sendok makan madu dan 2 sendok teh bumbu kayu manis ke wajah sebelum tidur secara rutin. Dan lihat hasilnya. Jangan ragu untuk menggunakan madu alami untuk kecantikan karena para ratu dari Mesir kuno ternyata juga sudah menggunakannya untuk mempercantik diri sejak dahulu.

Sumber gambar : http://goo.gl/o8cNd