Macam-macam Penyakit

Macam-macam Penyakit 

untuk judul kali ini kita akan membahas tentang macam-macam penyakit yang diakibatkan oleh virus. virus memiliki peranan penting nan menguntungkan bagi kehidupan manusia, tetapi tidak jarang pula virus merugikan manusia, berikut akan di jelaskan macam-macam penyakit yang diakibatkan oleh virus:

1. influenza

kini telah ditemukan kurang lebih ada 200 macam virus penyebab penyakit influenza ini, salah satunya adalah corthomyxovirus. influenza dapat menyerang semua orang dan bukan hanya sekali tetapi berkali-kali. seperti yang kita ketahui pada umumnya apabila suatu penyakit yang disebabkan oleh virus menyerang manusia maka sistem imunitas (kekebalan tubuh) kita akan membuat antibodi sehingga tubuh kita kebal terhadap virus tersebut, sehingga apabila virus itu masuk kembali kedalam tubuh maka virus itu tidak dapat mengakibatkan penyakit.

influenza dapat menyebabkan saluran pernapasan bagian atas terganggu sehingga dapat menimbulkan ingus, batuk, suhu tubuh meningkat, selera makan berkurang dan nyeri otot. cara yang dapat dilakukan untuk menangkal penyakit ini yaitu usahakan tubuh tetap sehat dengan istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi.

2. polio

polio disebabkan oleh poliovirus. pada umumnya penyakit ini menyerang anak-anak dengan gejala demam, tidak enak badan, mual, sakit kepala, dan muntah, serta biasanya disertai kaku leher, dan tulang belakang. masa inkubasi virus ini yaitu sekitar 3-35 hari, tetapi pada umumnya terjadi antara 7-14 hari.

penyakit ini dapat menular melalui makanan apabila makanan tersebut terkontaminasi dengan feses penderita. polio dapat menyebabkan terjadinya kelumpuhan jika virus menyerang selaput otak dan merusak sel saraf di depan otak. pengobatan untuk penyakit ini telah ditemukan yaitu dengan memberikan vaksin salk dan vaksin sabin. vaksin salk berfungsi untuk mengaktifkan produksi antibodi di serum, sedangkan vaksin sabin mengandung virus polio yang telah di lemahkan.

macam-macam penyakit

3. campak (morbili)

penyakit campak memiliki gejala antara lain demam tinggi, batuk, mata pedih jika terkena cahaya, dan ngilu di seluruh tubuh, serta mengigau. penyakit ini dis sebabkan oleh paramyxovirus dan biasanya penyakit ini menyerang anak-anak.

pada awal fase inkubasi, virus berkembang biak di saluran pernapasan atas. dan diakhir fase inkubasi, virus menuju darah dan beredar ke seluruh bagian tubuh terutama kulit.

4. AIDS (acquired immuno deficiency syndrome)

penyakit disebabkan oleh HIV (human immunodeficiency virus),virus pada penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh tetapi membutuhkan waktu yang lama untuk mendeteksi penyakit tersebut di dalam tubuh. HIV memerlukan waktu kurang lebih 8 tahun untuk menghancurkan sistem kekebalan tubuh penderitanya, sehingga gejala yang di timbulkan pun perlahan-lahan.

HIV ditularkan melalui transfusi darah, hubungan seks, dan jarum suntik, serta dapat pula ditularkan melalui transfer semen, cairan vagina, air susu ibu, dan lain sebagainya. selain itu ibu hamil yang mengidap AIDS dapat menularkan penyakit tersebut kepada bayi yang berada dalam kandungannya.

5. flu burung

penyakit yang di akibatkan oleh unggas ini terjadi dengan penularan dari unggas ke manusia jika manusia menghirup udara yang tercemar virus flu burung atau kontak langsung dengan unggas yang terinfeksi flu burung. gejala yang ditimbulkan pada penyakit ini yaitu batuk, radang paru-paru, suhu badan diatas 38 derajat C,  nyeri otot, dan radang saluran pernapasan atas. adapun masa inkubasi virus ini pada manusia berlangsung sekitar 1-3 hari.

upaya pencegahan terhadap virus ini yaitu dengan melakukan langkah-langkah berikut:

a. mencuci tangan atau mandi dengan sabun jika telah berkontak langsung dengan unggas

b. menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsums makanan bergizi dan istirahat yang cukup

c. membersihkan kotoran unggas setiap hari

d. mengolah daging unggas secara benar yaitu suhu 80 derajat C minimal 1 menit, dan telur unggas pada suhu 64 derajat C selama 45 menit.

sekedar informasi virus flu burung dapat mati pada suhu 80 derajat C, sehingga proses memasak yang baik dan benar akan mematikan virus.

sumber gambar: http://easyurl.net/72693

Related Keyword:

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder