Macam Macam Olahraga

Macam Macam Olahraga

Macam Macam Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain dapat dijadikan penghilang stress, juga menyehatkan karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang optimal pilihlah olahraga yang anda sukai dan menyenangkan karena akan membuat anda lebih bahagia untuk melakukan olahraga dan tidak merasa tertekan. Olahraga juga sebaiknya dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu. Berikut macam-macam olahraga yang bisa anda pilih untuk mengisi waktu luang anda :

1. Lari

Gerakan lari hampir serupa dengan gerakan berjalan hanya saja dilakukannya lebih cepat. Lari dapat terbagi menjadi lari jarak pendek, sedang dan jauh.  Lari berguna untuk melatih kelincahan dan kekuatan kaki.

2. Renang

Renang dilakukan di dalam air yaitu dengan menggerakkan badan di dalam air dengan berbagai variasi gaya. Bisa gaya bebas, gaya kodok, gaya kupu-kupu dan lain-lain. Yang perlu disiapkan untuk renang yaitu pakaian renang dan kacamata renang. Renang juga bagus untuk merangsang pertumbuhan anak.

3. Senam Lantai

Senam lantai adalah suatu gerakan dalam olahraga yang bermanfaat untuk melatih ketangkasan pesenam. Senam lantai biasanya dilakukan menggunakan alas matras. Contoh senam lantai: melompat keseimbangan dan berguling.

Macam Macam Olahraga

Macam Macam Olahraga

4. Bulutangkis

Bulutangkis merupakan olahraga yang menggunakan cock dan raket. Dalam permainan bulutangkis terbagi menjadi 2 yaitu permainan tunggal dan permainan ganda. Permainan tunggal artinya setiap tim yang bermain beranggotakan satu orang, bisa tunggal putra atau tunggal putri. Sedangkan permainan ganda artinya setiap tim terdiri dari 2 orang, bisa ganda putra, ganda putri atau ganda campuran. Cara bermainnya yaitu dengan memukul cock dengan raket melewati net ke daerah lawan untuk mendapat poin. Permainan bulutangkis batas skor untuk menang yaitu bila salah satu tim sudah mencapai skor 21. Biasanya terdiri dari 2 set bila salah satu tim menang mutlak di 2 set tersebut, namun apabila imbang maka akan ada rubber set yaitu penambahan set menjadi 3 set untuk menentukan pemenang. Lama permainan tidak bisa ditentukan karena tergantung dari pemain yang bisa memenangkan set terlebih dahulu. Teknik, kecepatan dan kekuatan memegang peranan besar untuk dapat memenangkan pertandingan.

5. Sepak bola

Sepak bola adalah olahraga paling terkenal dan hampir disukai oleh semua orang terutama mereka yang berjenis kelamin laki-laki dimana olahraga ini menggunakan bola dan kaki. Sepak bola dilakukan oleh dua tim dimana tiap masing-masing tim terdiri dari 11 orang. Cara bermainnya yaitu tiap tim berusaha untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Lapangan yang digunakan berukuran 110 m x 7 m dan waktu bermainnya 90 menit yang dibagi menjadi 2 babak.

6. Bola basket

Bola basket merupakan olahraga yang menggunakan bola besar. Berbeda dengan sepak bola yang bermain menggunakan kaki, di bola basket bermainnya menggunakan tangan. Dalam permainan bola basket juga terbagi menjadi 2 tim yang beranggotakan masing-masing 5 orang. Caranya bermainnya yaitu setiap tim berusaha untuk memasukkan bola ke keranjang lawan. Ukuran lapangan yang digunakan yaitu berukuran 28 m x 15 m.

7. Lompat tali (skipping)

Lompat tali merupakan olahraga yang dilakukan dengan melompat bersama tali. Olahraga ini efektif untuk menurunkan berat badan dan dapat merangsang pertumbuhan bila dilakukan dengan benar.

8. Bola Voli

Bola voli merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua regu dimana setiap regu memvolikan bola di udara bolak-balik di atas net dan menjatuhkan bola di daerah lawan agar memperoleh kemenangan. Setiap regu terdiri dari 6 orang dan satu di antaranya bertugas sebagai libero (pemain khusus bertahan). Dalam permainan bola voli, pemain dapat menggunakan bagian tubuh mana saja asal perkenaannya tidak double. Lapangan voli berukuran 18 m x 9 m.

 Sumber gambar : http://bit.ly/15CSa2o

Related Keyword:

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder