lupus

Lupus

Lupus atau yang lebih lengkapnya dikenal dengan nama lupus eritematosis sistemin adalah penyakit sistem imun yang dapat mempengaruhi pada ginjal, paru-paru, sendi, serta organ tubuh lainnya. Sistem kekebalan melindungi tubuh dari agen infeksius. Untuk melakukan hal ini, biasanya dibutuhkan sistem untuk mengenali sel-sel tersebut. Dengan panyakit autoimun yang disebabkan oleh lupus, sistem kekebalan tubuh dapat menyerang jaringan tubuh itu sendiri. Lupus merupakan suatu kasus yang cukup banyak terjadi pada banyak orang. Tanda-tanda lupus sangat bervariasi. Dengan mengetahui beberapa gejala umum tahap awal, bisa membantu Anda dalam mendiagnosis lupus.

Kelelahan
Kelelahan merupakan gejala umum yang terjadi pada penderita lupus tahap awal. Pada beberapa orang, gejala ini dapat menjadi parah sehingga merusak fungsi tubuh. Meskipun Anda telah mencoba untuk beristirahat dan tidur secara terus menerus, tetapi tetap saja tidak bisa mengurangi rasa lelah Anda.

Demam Ringan
Demam ringan biasanya juga terjadi pada gejala awal. Beberapa orang mungkin tidak menyadari ketika mengalami demam ini. Peningkatan aktivitas sistem kekebalan tubuh ini lah yang mendasari terjadinya demam.

Nyeri Sendi
Sendi juga menjadi salah satu target utama saat terjadinya gejala tahap awal. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit serta memungkinkan terjadinya pembengkakan pada bagian sendi. Sendi yang kaku biasanya umum di rasakan. Sering juga ada yang mengalami nyeri pada beberapa bagian sendi sekaligus.

lupus

Ruam Wajah
Ruam merupakan gejala klasik. Kemerahan ini biasanya muncul pada tulang hidung, diatas pipi atau bagian wajah yang terkena sinar matahari. Ruam kupu-kupu yang menyerupai bentuk seperti kupu-kupu juga sering terjadi.

Ruam Tubuh
Peningkatan sensitivitas terhadap paparan sinar matahari sering terjadi sebagai tahap gejala awal. Ruam pada permukaan yang terkena matahari seperti bagian dada, bahu, lengan atas serta tangan, dapat berkembang. Seringkali ruam mulai muncul atau mulai memburuk ketika berada di bawah sinar matahari.

Fenomena Raynaud
Fenomena raynaud, merupakan sebuah bentuk kejang secara berkala yang terjadi terhadap pembuluh darah bagian jari tangan atau kaki. Selama mengalami kejang, pembuluh darah juga bisa terjadi penyempitan, sehingga sangat membatasi suplai darah menuju jar-jari tangan atau kaki. Daerah yang terserang ini biasanya berubah menjadi warna putih serta seringkali mati rasa. ketika darah kembali menyuplai, daerah tersebut berubah warna menjadi merah cerah. Suhu dingin serta stress sering kali memicu serangan fenomena raynaud.

Rambut Rontok
Gejala lainnya juga terjadi pada bagian kulit kepala, seperti terjadinya kerontokan pada rambut. Kerontokan ini biasanya bersifat permanen.

Luka Pada Hidung Dan Mulut
Beberapa luka memburuk seperti borok juga terjadi pada bagian dalam hidung atau mulut. Penyebab yang mendasari hal ini adalah serangan dari sistem kekebalan dari dalam tubuh.

Penurunan Berat Badan
Penurunan berat badan tanpa penyebab bisa menjadi gejala awal lainnya. Meskipun gejala ini tidak spesifik khusus untuk satu jenis penyakit, tetapi jika terjadi dengan disertai gejala lain seperti diatas, bisa saja menjadi gejala lupus.

Lupus bisa saja terjadi pada siapapun, dan di manapun. Tidak mengenal usia, ataupun jenis kelamin tertentu. Bagi Anda, wajib untuk memeriksakan diri secara rutin pada dokter Anda, khususnya harus melakukan pemeriksaan ketika Anda baru saja pulang dari daerah yang mengidap penyakit lupus secara mewabah. Khusus untuk anak dan bayi, sangat penting bagi Anda sebagai orangtua untuk melakukan imunisasi secara rutin terhadap sistem kekebalan tubuh anak, sehingga dapat mengurangi tingkat kerentanan terjangkitnya penyakit lupus.

Sumber gambar: http://turl.ca/eotuj