lengkuas

Lengkuas

Lengkuas

Lengkuas merupakan jenis rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan Indonesia dan Asia Tenggara, Australia, dan juga menjadi sebuah aroma dan rasa yang khas untuk masakan di Bali dan Thailand. Sepintas, lengkuas menyerupai jahe dan merupakan bagian dari jenis jahe. Sama halnya dengan jenis rempah-rempah yang lain, lengkuas juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Lengkuas terkadang disebut sebagai jahe atau jahe biru siam, yang merupakan jenis dari Zingiberaceae (jahe). Rimpang lengkuas (batang yang berada di bawah tanah) umumnya sering digunakan untuk diolah menjadi bumbu masakan dan juga sebagai obat. Di Vietnam, lengkuas bahkan digunakan dalam hidangan lezat yang populer, yaitu Hue. Di Thailand dan Laos, lengkuas digunakan dalam pembuatan tom yum, dan di Indonesia sendiri, tempat dimana jenis tanaman ini berasal, sangat umum digunakan dalam hampir setiap bumbu masakan.

Manfaat Lengkuas
Lengkuas memiliki manfaat bagi tubuh dan telah diakui di seluruh Asia dan Indonesia dari beberapa abad yang lalu. Yang paling pupolar di Asia Tenggara adalah campuran lengkuas dengan air jeruk nipis, yang juga menjadi pengobatan Tradisional Cina untuk membantu memperbaiki pencernaan dan juga membantu meringankan gejala rematik. Manfaat lainnya bagi kesehatan adalah penggunaannya dalam homeopati untuk mengurangi rasa mual, diare, mengatasi perut kembung dan juga rematik.

Lengkuas yang secara sepintas dilihat mirip dengan jahe ini, memiliki rasa yang khas dan berbeda. Banyak yang menyamakan rasanya yang mirip dengan lada, sementara ada juga yang beranggapan rasanya mirip dengan aroma rasa jeruk. Lengkuas sama halnya dengan jahe, dapat digunakan dengan cara diparut, diiris tipis atau ditumbuk. Lengkuas yang segar pastinya sangat sehat dan baik untuk tubuh. Jika Anda menggunakan lengkuas kering atau bubuk, rendam dalam air panas terlebih dahulu untuk memunculkan aroma dan rasanya.

Sekarang ini, lengkuas tersedia di berbagai jenis makanan baku di toko-toko makanan Asia, juga tersedia dalam bentuk bubuk rempah-rempah yang dijadikan ramuan herbal. Lengkuas juga menjadi sebuah terobosan ilmiah yang kaya akan manfaat. Selain dapat membantu memperlancar pencernaan dan mengurangi gangguan pada lambung, lengkuas juga memiliki manfaat untuk mengurangi pusing dan mual yang berkaitan dengan morning sickness (khususnya pada ibu hamil) dan juga mual karena mabuk perjalanan. Antijamur dan antibakteri yang terkandung didalamnya, dipercaya sangat efektif dalam pengobatan candida albicans patogen anthrax.

lengkuas

Sebagai bumbu masakan, lengkuas merupakan salah satu jenis yang aman untuk dikonsumsi. Ada beberapa yang bahkan bereksperimen untuk menambahkan aroma lengkuas pada sereal saat sarapan, dan bahkan dicampurkan dalam makanan penutup seperti puding dan es krim. Sedangkan dalam dunia pengobatan, lengkuas diolah menjadi bentuk pil atau kapsul. Dikarenakan lengkuas adalah bumbu masakan yang alami, tidak ada efek samping yang kumulatif dan kontra indikasi untuk penggunaan sehari-oleh oleh orang yang menyukai aroma lengkuas dan bagi orang yang membutuhkan obat untuk masalah pencernaan. Menurut salah satu penelitian, lengkuas juga dapat secara bertahap menghapus masalah yang menghambat sirkulasi pada tubuh, seperti meningkatkan sirkulasi darah ke bagian tangan dan kaki, dan juga bagian telinga dimana umumnya tempat penyumbatan terjadi, atau juga di bagian-bagian tubuh lainnya.

Selain beberapa manfaat diatas, ada salah satu kegunaan lengkuas yang paling umum di masyarakat. Jika musim dingin tiba, lengkuas biasanya dijadikan salah satu minuman hangat yang menjadi favorit, yang dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa dingin dan memberikan kehangatan pada tubuh, hampir sama halnya dengan wedang jahe.

Sumber gambar: http://easyurl.net/43b99

Related Keyword: