LEMAK DAN MINYAK

LEMAK DAN  MINYAK

minyak

minyak

Lemak adalah suatu senyawa non polar yang umumnya kita jumpai dalam makanan kita sehari-hari dan biasanya berbentuk padat. dan minyak adalah bentuk cair dari lemak itu sendiri. Dan dalam ilmu gizi pengelompokan lemak dan minyak ini termasuk dalam golongan lipida. Selain dalam makanan sebesarnya lamak itu sendiri terdapat dalam tubuh yang umum kita kenali sebagai lemak tubuh, bentuknya dalam tubuh bermacam-macam dan memiliki nama yang bermacam-macam pula seperti fosfolipida, sterol, trigliserida, dan kolesterol.

Adapun klasifikasi lemak berdasarkan bentuk dan jenisnya adalah sebagai berikut

1. Lipida Sederhana

yang termasuk dalam lipi sederhana adalah lemak netral dan ester asam lema (bersama dengan alkohol), yang termasuk jenis lemak netral adalah monogliserida, digliserida, dan trisliserida yaitu ikatan ester lemak dengan gliserol; sedangkan yang termasuk ester asam lemak yaitu malam, ester sterol, dan ester vitamin A dan ester Vitamin D.

2. Lipida Majemuk

yang termasuk lipid majemuk adalah fosfolipid dan lipoprotein

3. Lipida Turunan

yang termasuk dalam lipida turunan adalah asam lemak, sterol, dan lainnya. contoh sterol adalah kolesterol, hormon steroid, dan vitamin D; dan yang lainnya adalah jenis vitamin-vitamin larut lemak seperti vitamin A, Vitamin E, dan Vitamin K.

Sumber Lemak

Disekitar kita ada banyak jenis makanan yang merupakan sumber lemak. di bawah ini beberapa jenis makanan yang mengandung lemak.

sumber lemak

sumber lemak

Dari tabel diatas ada beberapa informasi untuk diet penurunan berat badan yang dapat dilakukan. yaitu :

1. bebrapa jenis makanan yang mengandung sedikit lemak seperti susu sapi segar, susu skim, dan lainnya dapat dijadikan sebagai makanan subtitusi terhadap pilihan jenis bahan makanna lain yang mengandung lemak yang tinggi.

2. dalam melakukan pemasakan terhadap bahan makanan sangat penting untuk memperhatikan bahan makanan tersebut untuk tetap mempertahankan atau hanya menambah sedikit jumlah lemak di dalam makanan tersebut.

3. secara umum jenis makanan nabati seperti jagung, beras giling, kacang tanah mengandung sedikit lemak dan kandungan lemaknya merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kadar lemak jahat di  dalam tubuh

Related Keyword: