KOLESTEROL TOTAL

KOLESTEROL TOTAL

Kolesterol total merupakan kadar keseluruhan kolesterol yang  beredar dalam tubuh manusia. kolesterol adalah lipid amfipatik dan merupakan kompenen structural esensial pada membran plasma. Senyawa kolesterol total ini di sintesis di banyak jaringan dari asetil-KoA dan merupakan prekusor utama semua steroid lain di dalam tubuh termasuk kortikosteroid, hormone seks, asam empedu, dan vitamin D. sebagai produk tipikal metabolisme hewan, kolesterol total terdapat dalam makanan yang berasal dari hewan misalnya kuning telur, daging, hati, dan otak.

Sekitar separuh kolesterol tubuh berasal dari proses sintesis di dalam tubuh (sekitar 700mg/hari) dan sisanya diperoleh dari makanan. Hati dan usus masing-masing menghasilkan sekitar 10% dari sintesis total pada manusia. dan hampir semua jaringan yang mengandung sel berinti mampu membentuk kolesterol, yang berlangsung di reticulum endoplasma dan sitosol. Bahan baku pembuatan kolesterol di dalam tubuh adalah karbohidrat, protein, atau lemak.

Selain total kolesterol, dikenal juga LDL (Low Density Lipoprotein) yang umumnya kita kenali dengan nama kolesterol jahat, kolesterol LDL merupakan bentukan kendaraan yang membawa kolesterol dan ester kolesteril ke banyak jaringan. Selain LDL sebagai kolesterol jahat, umumnya kita juga mengenal kolesterol baik yaitu kolesterol HDL (High Density Lipoprotein). Kolesterol bebas dikeluarkan dari jaringan dengan menggunakan kolesterol HDL  dan diangkut ke hati.

Kolesterol LDL disebut sebagai kolesterol jahat disebabkan peranannya membawa kolesterol total ke banyak jaringan di dalam tubuh. Sehingga memberikan peluang terjadinya penumpukan kolesterol di berbagai jaringan tubuh, termasuk diantaranya dalam pembuluh darah. Dan kolesterol HDL disebut sebagai kolesterol baik karena memiliki fungsi terbalik dari kolesterol LDL yaitu mengambil kolesterol dari jaringan-jaringan di dalam tubuh dan mengembalikannya ke hati,

Hati merupakan tempat kolesterol dieliminasi dari tubuh tanpa diubah atau setelah diubah menjadi asam empedu dalam proses yang disebut transpor kolesterol terbalik. Kolesterol adalah unsur pokok batu empedu. Tetapi , peran utama kolesterol total dalam proses patologis adalah sebagai faktor pembentukan aterosklerosis arteri-arteri vital, yang dapat menimbulkan penyakit pembuluh darah perifer, koroner, dan serebrovaskular.

Related Keyword:

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder