Kolesterol HDL

Kolesterol HDL

Kolesterol dalam jalur metabolisme HDL secara tidak langsung memiliki keterkaitan. meskipun dalam prosesnya justru hanya keberadaan kolesterol dalam HDL yang memiliki peranan penting. penting untuk membahas jalur metabolisme kolesterol HDL karena mengingat kolesterol HDL merupakan kolesterol baik yang berperan penting terhadap mengurangan resiko dan penyembuhan masalah-masalah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner (PJK).

berikut ini akan lebih dijelaskan mengenai jalur metabolisme dan siklus hidup kolesterol HDL di  dalam tubuh kita.

Gambar di bawah ini menunjukkan mengenai aktifitas HDL di dalam dan di luar sel.

Produksi dan penghapusan kolesterol HDL

Produksi dan penghapusan kolesterol HDL

keterangan gambar : ABC-1 = ATP-bindingcassette-transporter ; SRB-1 = Scavenger Receptor Binder 

penjelasan gambar di atas, sebaiknya kita mulai dari ekstra seluluer, berawal dari VLDL (very low density lipoprotein) yang banyak mengandung trigliserida, kolesterol bebas, kolesterol ester, dan apo.B.

VLDL tersebut dapat mengalami lipolisis dan membentuk kolesterol LDL  dan disebarkan ke jaringan hati dan dan jaringan lainnya, atau dalam bentukan VLDL sendiri langsung tersebar ke dalam jaringan. selain itu, kolesterol bebas yang banyak terdapat di dalam VLDL dengan bantuan enzim PL menjadi remant HDL (partikel sisa).

Partikel sisa HDL ini dapat berasal dari gabungan hasil sintesis Apo A-1 dari hati dan usus  atau hasil daur ulang kolesterol HDL (karena hasilnya  adalah  Apo A-1 yang sangat kekurangan kolesterol bebas) yang bergabung dengan kolesterol bebas dari  intrasel yang melewati membrane sel dengan bantuan ABC-1.

kolesterol HDL yang telah terbentuk akan dimediasi oleh SRB-1 untuk menyerap kolesterol bebas . dan dalam prosesnya mengantarkan kolesterol bebas tersebut dalam bentuk LDL ke dalam jaringan hati dan jaringan lainnya.

secara umum demikianlah proses pembentukan dan penghapusan kolesterol HDL. karena sifat dasar HDL mengambil kelebihan kolesterol dari sel-sel yang kelebihan kolesterol, maka dengan semakin tingginya kadar kolesterol HDL seseorang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

 

Related Keyword: