Kolesterol Dipengaruhi Aktifitas Fisik

Kolesterol  Dipengaruhi Aktifitas Fisik

Kolesterol  sangat dipengaruhi oleh aktifitas fisik. Hal ini dikarenakan sebelum mejadi kolesterol total dalam tubuh lemak hewani yang dikonsumsi akan berupa asam lemak bebas dan trigliserida. Asam-asam lemak bebas dan trigliserida ini dapat dikurangi jumlahnya jika kebutuhan energy tubuh berlebihan. Kebutuhan energy tubuh meliputi kebutuhan energy endogen seperti metabolism basal, dan energy  eksogen yaitu kebutuhan energy tubuh untuk menjalankan aktifitas eksternalnya seperti melakukan gerakan. Dengan katalain dengan melakukan aktifitas fisik secara teratur dapat memberikan tubuh ruang yang besar untuk menggunkaan energy dari trigliserida dan asam lemak bebas sehingga jumlahnya bida berkurang sama hal nya dengan energy dari karbohidrat dan protein. Dan bahan baku pembuatan kolesterol dalam jumlah yang banyak akan sangat berkurang.

Aktifitas fisik memerlukan energy diluar kebutuhan energy metabolism basal. Aktifitas fisik adalah gerakan yang dilakukan oleh otot tubuh dan system penunjangnya. Aktifitas fisik yang buruk seperti sedentary life dapat memperbanyak kolesterol total dalam tubuh. karena dengan hanya melakukan aktifitas sangat ringan seperti duduk sambil membaca, dan tidur-tiduran akan mengakibatkan semakin menumpuknya sumber-sumber energy di dalam tubuh dan tidak digunakan. Yang pada akhirnya akan disimpan menjadi lemak tubuh dan memicu peningkatan kolesterol total dalam tubuh tersebut.

Aktifitas fisik yang baik untuk tubuh bukanlah aktifitas fisik yang berat dan berdurasi lama, tetapi aktifitas yang meskipun ringan tetapi durasi dan frekuensinya teratur. misalnya melakukan jalan pagi sebanyak lima kali dalam seminggi berturut-turut selama 30 menit. Hal ini jauh lebih bermanfaat dari pada melakukan aktifitas lari marathon selama 2 jam sekali dalam sebulan. Karena dengan melakukan aktifitas fisik atau olah raga teratur kita memberikan cukup waktu pada tubuh untuk beradaptasi terhadap pengeluaran energy yang berlebih  selain utnuk mengurangi lemak tubuh hal ini juga dimaksudkan untuk menangani timbulnya masalah kardio respirasi dalam berolah raga.

Jadi di dalam tubuh kolesterol total bukanlah sumber energy, kita melakukan aktifitas fisik secara teratur bukan untuk membakar kolesterol. Tetapi untuk mengurangi bahan pembentuknya sehingga berangsur-angsur kadar kolesterol total dalam darah dapat berkurang. Pengeluaran kolestererol, bergantung pada aktifitas kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik. Oleh karena itu, selain melakukan aktifitas fisik yang teratur sangat perlu untuk memperbaiki pola asupan kita.