manfaat minyak zaitun

Khasiat Minyak Zaitun

Khasiat Minyak Zaitun

Anda pernah mendengar cerita putri Cleopatra? Putri asal Mesir ini dikenal sangat memerhatikan penampilan sehingga parasnya cantik. Cleopatra bahkan menjadi ikon kecantikan perempuan Mesir hingga kini.

Nah, apa ya rahasia kecantikan Cleopatra? Ternyata salah satunya adalah dengan merawat tubuhnya menggunakan minyak zaitun. Wah… cukup sederhana ya. Apalagi minyak zaitun bisa didapatkan di banyak toko kosmetik.

manfaat minyak zaitun

Minyak zaitun berasal dari pohon Olea Europaea. Pohon yang sebagian besar ditemukan di lembah Mediterania ini memiliki tinggi sekitar tujuh hingga empat belas mter. Batangnya bengkok dengan daun lonjong dan memiliki bunga putih kecil dan hijau. Kayu pohonnya sangat keras. Pohon zaitu dapat hidup dalam waktu yang sangat lama karena tahan terhadap kekeringan dan penyakit.

Manfaat minyak yang satu ini jangan ditanya lagi. Anda yang ingin memiliki tubuh semolek Cleopatra, minyak zaitun dapat membantu, terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Tak percaya? Dr, Peter Schieberle dari Technische Universität München (TUM) pernah meneliti pengaruh minyak zaitun terhadap pola makan. Konsentrasi hormon serotonin yang tinggi dalam darah orang yang mengonsumsi minyak zaitun rupanya dapat membuat kita cepat kenyang. Tak hanya itu, rasa kenyang pun akan bertahan lama.

Rasa cepat kenyang penting dalam membantu menurunkan berat badan. minyak zaitun bahkan lebih ampun mendatangkan rasa kenyang dibanding mentega dan minyak kanola.

Selain itu, rasa cepat kenyang yang muncul dari mengonsumsi minyak zaitu dipicu oleh aroma minyak zaitun saat dimasak. Aroma dalam minyak zaitun dapat membantu mengelola keinginan makan. Rahasianya ada pada zat Hezanal dan E2-Hexanal yang terkandung dalam minyak zaitun.

Anda tertarik untuk mencobanya? Nah, selain dapat dikonsumsi, minyak zaitun pun dapat digunakan pada tubuh Anda. Produk kecantikan yang mengandung minyak zaitun dipercaya dapat membantu mempertahankan kelembaban dan elastisitas kulit sekaligus memperlancar proses regenerasi kulit, sehingga kulit tidak mudah kering dan berkerut. Untuk wajah, minyak zaitun dapat dicampur dengan masker atau diulaskan langsung pada kulit wajah. Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu regenerasi kulit, melepaskan kulit mati dan memicu pertumbuhan kulit baru.

Gunakan juga minyak zaitun pada telapak kaki Anda yang pecah-pecah. Setelah itu, kenakan kaus kaki dan temukan telapak kaki Anda yang berubah halus pada esok harinya. Hal serupa juga berlaku pada bibir yang pecah-pecah. Dengan mengoleskan minyak zaitu, bibir pecah-pecah akan berubah lebih lembut dan lembab.

Jika badan Anda sudah dirawat, kini saatnya menjaga kesehatan dengan minyak zaitun. Minyak zaitu kaya akan vitamin A, B1, B2, C, D, E, dan K. minyak zaitu juga kaya akan zat besi dan bebas kolesterol. Tak heran, minyak zaitu dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolsterol baik) sehingga mampu menurunkan resiko penyakit jantung.

Tak hanya jantung, minyak zaitu pun dapat menghindari Anda dari penyakit kanker karena mengandung polyphenol, salah satu antioksidan yang sangat kuat. Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan juga bisa mengandalkan minyak zaitun. Minyak zaitun diketahui lembut di perut dan saluran pencernaan, juga bisa bertindak sebagai pencahar makanan. Selain itu, minyak zaitun merupakan teman untuk usus dan musuh bagi luka usus dan radang pada lambung.

Nah, Anda yang punya masalah mendengkur, sakit telinga silahkan juga coba mengatasi dengan minyak zaitu. Wah… banyak kan manfaat minyak zaitun.

Related Keyword: