khasiat mengkudu

Khasiat Mengkudu

Khasiat Mengkudu

Buah Noni atau disebut sebagai tanaman noni Polinesia umumnya dikenal dengan nama buah Mengkudu. Mengkudu merupakan buah yang dapat diolah menjadi obat karena menyimpan banyak khasiat yang baik untuk kesehatan.

Umumnya pohon mengkudu dapat tumbuh hingga mencapai tinggi sekitar 3-8 meter. Ukurannya termasuk jenis pohon besar yang memiliki batang-batang bengkok. Dahan pohonnya kaku dan kasar, memiliki akar tunggang, dan batangnya berwana abu-abu kecoklatan atau kekuningan. Jarak daun letaknya seolah berseberangan dengan warna daun yang mengkilap, berbetnuk lonjong, dan memiliki ukuran ketebalan tunggal sekitar 15-50 cm x 5-17cm, dengan tepi daun yang rata, ujung runcing pendek, dasarnya berbentuk baji mirip dengan urat daun.

Kelopak bunga pohon mengkudu tumbuh menjadi buah bulat oval mirip seperti telur ayam. Permukaan buah dibagi menjadi berbagai sisi (poligonal) dengan corak bintik-bintik atau berkutil. Pada awalnya buah tersebut berwarna hijau, dan pada saat mulai matang berubah menjadi buah berwarna putih kekuningan, dan ketika benar-benar matang menjadi warna putih transparan dan putih lembut. Biji buah berwarna hitam dengan albumen keras. Biji mengkudu memiliki kekuatan untuk tumbuh, meskipun disimpan selama 6 bulan. Kecambahnya akan tubuh ketika 3 – 9 minggu setelah benih ditaburkan. Pertumbuhan mengkudu sangat cepat. Dalam waktu 6 bulan saja, tanaman mengkudu dapat mencapai ketinggian sekitar 1,2 meter hingga 1,5 meter.

Isi mengkudu atau dalaman buah mengkudu adalah bagian yang paling sering diolah oleh manusia. Dalam satu buah mengkudu, terkandung banyak sekali zat yang sangat baik bagi tubuh. Antara lain seperti:

1. Zat Nutrisi
Buah mengkudu mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, vitamin dan minertal penting seperti selenium, antioksidan yang senyawa seperti xeronine, alizarin, lycine, sosium, asam kaprilat, dan lainnya.

2. Zat Senyawa
Buah mengkudu juga mengantung zat senyawa yang sangat penting dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh.

3. Zat Anti Bakterial
Buah mengkudu mengandung anti-bakteri, yaitu zat-zat yang bertindak penting terhadap jumlah bakteri menyebarkan infeksi yang mematikan seperti Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus. Selain itu, zat buah mengkudu juga dapat mengontrol bakteri patogen seperti s. scotmuelleri, Shigella dusenteriae, S. typhi, S. flexnerii, Montivideo Salmonella, Staphylococcus aureus, dan s. pradysenteriae.

khasiat mengkudu

4. Zat Anti Kanker
Buah mengkudu memiliki zat lain yang tidak kalah pentingnya, yang berperan sangat efektif untuk melawan pertumbuhan sel-sel abnormal yang umumnya menyebabkan penyakit kanker darah atau leukemia.

5. Zat Acetyl
Zat acetyl yang terdapat pada buah mengkudu ini dapat mematikan kuman pada tubuh.

6. Zat Moridon
Zat moridun adalah suatu zat yang dapat memperlancar jika Anda mengalami buang air besar.

7. Zat Soranjid
Sedangkan zat soranjid yang ada pada buah mengkudu, dapat memperlancar sulit buang air kecil.

8. Zat Terpen
Buah mengkudu mengandung zat terpen dapat meremajakan sel-sel pada tubuh.

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu, antara lain:
– Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita karena kaya akan anitoksidan alami.
– Dapat mencegah penyebaran sel – sel kanker.
– Dapat mencegah tumor
– Mengobati sakit perut, demam dan batuk
– Pereda nyeri.
– Menormalkan tekanan darah.
– Mengontrol fungsi sel-sel dalam tubuh.
– Meregenerasi sel-sel jaringan dalam tubuh yang rusak.
– Menetralisir radikal bebas.
– Meningkatkan energi.
– Menjaga kesehatan jantung.
– Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
– Mengatasi diabetes.
– Melancarkan saluran pencernaan tubuh.

Dan masih ada banyak lagi khasiat lain yang terkandung dalam buah kaya akan manfaat ini.

Sumber gambar: http://easyurl.net/f92f8