Khasiat Lidah Buaya

Khasiat Lidah Buaya

Lidah Buaya (Aloe vera atau Aloe barbadensis Milleer) merupakan sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, lidah buaya dikembangkan menjadi bahan baku dalam pembuatan makanan dan minuman serta dalam industri farmasi dan kosmetik. Lidah buaya pertama kali digunakan untuk kesehatan sejak zaman Mesir Kuno, saking terkenalnya manfaat lidah buaya ini sampai membuat bangsa Mesir menyebut tanaman lidah buaya sebagai tanaman keabadian. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

khasiat lidah buaya

Berikut ini sedikit manfaat dari Tanaman Lidah Buaya :

  1. Menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel.
  2. Lidah buaya dapat membantu mengurangi ketombe dan gatal gatal pada kulit kepala. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk perawatan rambut sebelum keramas.
  3. Situs harian bagi perempuan, Fem Guide Selasa 11 Juni 2013 menuliskan meminum jus lidah buaya setiap hari dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan dapat meningkatkan kekuatan tulang serta penyembuhan sendi.
  4. Jus tanaman lidah buaya juga merupakan penawar racun alami, tanaman ini juga mengandung beragam mineral dan vitamin  yang dapat membantu tubuh mengatasi stres dalam kehidupan sehari hari.
  5. Lidah buaya dapat mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.
  6. Membantu gerakan usus. Aloe lateks terdiri dari antrakuinon glycosidesaloin A dan B yang sangat baik sebagai obat untuk membantu pencernaan.
  7. Lidah buaya juga dapat merangsang metabolisme, yang akan membantu Anda membakar kalori dan lemak.
  8. Setengah sendok jus tanaman lidah buaya yang diberikan selama 14 minggu terbukti mengurangi gula darah sebanyak 45 persen. Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.
  9. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit.
  10. Gel lidah buaya dapat meremajakan dan menyembuhkan kulit yang terkena luka bakar, termasuk luka bakar akibat paparan sinar matahari dan luka bakar lainnya.

Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut. Tetapi yang perlu diingat hati-hati bagi yang memiliki alergi terhadap lidah buaya.  Anda bisa mengalami reaksi alergi, mual, atau dermatitis. Efek samping ini biasanya terjadi ketika meminum jus lidah buaya secara berlebihan. Oleh karena itu, konsumsi secara tepat agar mendapat manfaat.

Sumber gambar : http://38212.easyurl.net/

Related Keyword: