khasiat kunyit

Khasiat Kunyit

Khasiat Kunyit

Kunyit atau yang dikenal dengan istilah curcumin biasanya digunakan untuk bumbu pelengkap pada makanan sehari-hari. Kunyit memiliki rasa yang hangat, pahit dan sering digunakan untuk rasa atau warna bubuk kari, mustard, mentega, dan keju. Tapi akar kunyit juga digunakan secara luas untuk membuat obat. Di beberapa negara, kunyit bahkan digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, karena kunyit dipercaya memiliki anti inflamasi, antioksidan, dan lainnya. Kunyit digunakan untuk penyakit artritis, nyeri ulu hati (dispepsia), sakit perut, diare, gas usus, kehilangan nafsu makan, sakit kuning, gangguan hati dan gangguan kantong empedu, dan lainnya. Terkadang, kunyit juga digunakan untuk sakit kepala, bronkitis, pilek, infeksi paru-paru, fibromyalgia, lepra, demam, masalah menstruasi, dan kanker. Kegunaan lain juga dimanfaatkan untuk terapi mengatasi depresi, penyakit Alzheimer, retensi air, cacing, dan masalah ginjal. Beberapa orang menerapkan kunyit pada kulit untuk menghilangkan nyeri, kurap, memar, mengobati gigitan lintah, infeksi mata, kondisi kulit inflamasi, nyeri dalam mulut, dan luka yang terinfeksi. Sedangkan dalam makanan dan manufaktur, minyak atsiri kunyit digunakan untuk parfum, dan resin yang digunakan sebagai komponen rasa dan warna makanan.

Manfaat Kunyit
Banyak yang mempercayai bahwa kunyit dapat mengatasi masalah pada perut, namun beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi kunyit melalui mulut dapat membantu meningkatkan sakit perut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengambil beberapa ekstrak kunyit dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh osteoartritis lutut. Dalam satu studi, kunyit bekerja tentang serta ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit.

Namun, masih ada beberapa manfaat kunyit yang belum terbukti kebenarannya, seperti mengobati atau mengurangi penyakit sejenis hepatitis, diare, fibromyalgia, masalah hati dan kantong empedu, sakit kepala, masalah haid, nyeri, kurap, memar, infeksi mata, masalah kulit, penyakit alzheimer, dan lain sebagainya. Ada beberapa bukti yang mengatakan bahwa dengan menerapkan salep kunyit dapat membantu untuk meringankan bau dan gatal-gatal yang disebabkan oleh kanker kulit. Kurkumin yang merupakan bahan kimia dalam kunyit, juga dipercaya dapat membantu mengurangi beberapa gejala rheumatoid arthritis. Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa kunyit dapat meringankan gejala osteoarthritis dan rheumatoid arthritis, seperti rasa sakit dan peradangan. Senyawa lain dalam kunyit juga dapat di olah untuk menjadi varian obat.

Dalam tes laboratorium, kurkumin dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis tumor. Satu studi menunjukkan bahwa pada beberapa kasus, ekstrak kunyit yang mengandung kurkumin dapat menstabilkan kanker kolorektal yang tidak dibantu oleh pengobatan lain. Namun penelitian lebih lanjut masih terus dikembangkan mengenai hal ini. Studi laboratorium awal lainnya menunjukkan bahwa kurkumin kunyit dapat melindungi tubuh dari jenis penyakit kulit, kolitis, tukak lambung, dan kolesterol tinggi. Berdasarkan penelitian laboratorium, kunyit dan kurkumin juga bisa membantu mengobati sakit perut, kudis, diabetes, HIV, uveitis, dan infeksi virus.

Tapi penting untuk diingat bahwa sebagian besar penelitian ini telah dilakukan di laboratorium. Para peneliti belum melakukan studi signifikan tentang manfaat kunyit dan kurkumin. Jadi terlalu dini untuk mengatakan apa manfaat yang dimiliki kunyit untuk kesehatan tubuh.

khasiat kunyit

Resiko dan Efek Samping Kunyit

Kunyit umumnya aman, namun terkadang dapat menyebabkan mual dan diare, terutama dalam dosis tinggi atau setelah penggunaan jangka panjang. Hal ini juga mungkin menimbulkan risiko ulkus dalam dosis tinggi. Sebagai pengobatan topikal, dapat menyebabkan iritasi kulit.
Wanita hamil sebaiknya tidak menggunakan suplemen kunyit. Bicaralah dengan dokter sebelum menggunakan suplemen kunyit secara teratur jika Anda memiliki kondisi medis, seperti kandung empedu atau penyakit ginjal, gangguan perdarahan, diabetes, atau masalah kekebalan. Karena kunyit berpotensi dapat meningkatkan perdarahan, berhenti minum setidaknya dua minggu sebelum operasi apapun.
Jika Anda mengambil obat-obatan secara teratur, berbicara dengan dokter Anda sebelum Anda mulai menggunakan suplemen kunyit. Mereka bisa berinteraksi dengan obat-obatan seperti aspirin, obat penghilang rasa sakit NSAID, statin, obat diabetes, obat tekanan darah, dan pengencer darah. Mereka juga berkemungkinan dapat berinteraksi dengan suplemen yang menurunkan pembekuan, seperti ginkgo, ginseng, dan bawang putih.
Mengingat kurangnya bukti tentang keselamatan, anak-anak dan perempuan yang sedang menyusui sebaiknya hanya menggunakan kunyit sesuai dengan saran dokter.

Sumber gambar: http://easyurl.net/7c5de

Related Keyword: