khasiat jahe

Khasiat Jahe

Khasiat Jahe

Jahe sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan zat-zat yang terkandung di dalam jahe begitu banyak, dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Jahe dapat diolah menjadi penyedap bumbu masakan, atau juga bisa diparut dan disaring untuk di minum dengan air hangat.

Jahe memiliki khasiat alami yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti:
1. Serotin. Serotin adalah jenis senyawa yang dapat menimbulkan kontraksi terhadap perut, sehingga dapat menimbulkan rasa mual. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang mengalami mabuk pada saat melakukan perjalanan jauh. Umtuk mencegah rasa mual ini, Anda dapat meminum 1 gelas wedang jahe hangat sebelum bepergian.

2. Enzim. Enzim pencernaan yang terkandung dalam jahe adalan enzim protease. Enzim ini berfungsi untuk memecah protein dan enzim lipase, yang berfungsi sebagai pemecah lemak. Kedua enzim ini membantu tubuh untuk lebih mudah dalam mencerna dan menyerap makanan.

3. Komponen Jahe. Jahe memiliki setidaknya 13 komponen bioaktif yang sangat berguna bagi tubuh. Komponen dalam jahe yang paling utama adalah gingerol, yang bersifat antikoagulan, yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit stroke dan serangan jantung. Gengerol juga diperkirakan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh.

khasiat jahe

4. Anti Inflamasi. Hasil uji farma biologi menunjukkan bahwa jahe memiliki aktivitas sebagai anti inflamasi. Hasil uji labolatorium mengatakan bahwa ekstrak jahe dalam air panas dapat menghambat aktivitas sikloo ksigenase dan lipo ksigenase, sehingga menurunkan kadar prostaglandin dan leukrotina (mediator inflamasi).

5. Anti Mual. Khasiat lain adalah sebaga antiemetik, atau yang sering disebut dengan anti muntah. Hal ini sangat berguna bagi ibu hamil untuk mengurangi motio sickness. Suatu penelitian melaporkan bahwa jahe sangat efektif menurunkan metoklopamid, yaitu senyawa penginduksi nusea (rasa mual) dan muntah. Jahe sangat manjur untuk mengobati ganguan pencernaan dan penjcegahan gejala motion sickness. Namun, ada juga beberapa penelitian yang mengatakan, bahwa dengan mengkonsumsi jahe dapat membuat rasa panas yang tajam terhadap perut. Hal ini tidak baik bagi ibu hamil. Namun, masih belum diketahui secara pasti. Konsultasikan pada dokter atau bidan Anda, mengenai asupan jahe yang tepat untuk anda.

6. Minyak Atsiri. Minyak atsiri yang terkandung dalam hahe berkisar hingga 3%. Oleosesin atau campuran dari munyak atsiri dan sein, merupakan sebuah zat aktif yang dapat mengobati batuk, penurun padas dan juga analgetik. Penelitian lebih lanjut dair kandungan kimia dan efek farmakologi dari jahe merah diperdalam lebih lanjut untuk dapat mengetahui khasiat atau kegunaan lain dari jahe.

7. Jahe juga merupakan pereda rasa sakit yang di alami, dan dapat meredakan nyeri rematik, sakit kepala dan migren.

Manfaat jahe lainnya, adalah merangsang perlepasan hormon adrenalin, memperlebar pembuluh darah agar darah dapat mengalir lebih lancar, membuat lambung menjadi nyaman dan membantu mengeluarkan angin. Selain itu jahe juga dapat meringankan kram perut saat menstruasi, membantu tubuh melawan pilek dan flu, menyembuhkan batuk kering dan radang tenggorokan, dan juga sebagai tonikum. Tidak sedikit juga orang yang memanfaatkan khasiat jahe untuk menambah nafsu makan, mencegah rasa mual dan mabuk. Menurut salah satu penelian, jahe bahkan juga memiliki khasiat untuk dapat membantu proses penyembuhan iritasi pada ginjal. Selain itu, para ahli juga mengatakan kandungan yang terdapat di dalam jahe dapat digunakan sebagai kompres untuk mengobati jenis penyakit seperti rematik dan juga sakit kepala.

Sumber gambar: http://easyurl.net/a8ea0

Related Keyword:

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder