khasiat daun sirih

Khasiat Daun Sirih

Khasiat Daun Sirih

Khasiat daun sirih sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi kita. Apalagi daun sirih memang sudah sejak lama dimanfaatkan untuk bidang kesehatan mulai dari masyarakat yang tinggal di pedesaan hingga perkotaan semuanya sudah mengenal daun sirih. Daun sirih memiliki aroma yang khas sehingga kita kita bisa membedakan daun sirih dengan jenis tanaman lainnya. Orangtua jaman dulu juga sering memasukkan daun sirih ke dalam hidung untuk menyembuhkan mimisan.Sebenarnya, daun sirih tidak hanya berkhasiat untuk itu saja tetapi masih ada banyak manfaat daun sirih lainnya yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut ini beberapa manfaat daun sirih bagi kesehatan.

Melancarkan Buang Air Kecil
Bagi Anda yang susah buang air kecil atau mengalami masalah saat buang air kecil, daun sirih memiliki sifat diurektik yang dapat membantu melancarkan buang air kecil. Anda dapat membuat jus dari beberapa lembar daun sirih. Tambahkan sedikit susu dan madu agar rasanya lebih enak. Minum jus ini secara teratur sampai buang air kecil kembali lancar.

Mengatasi Lemah Syaraf
Tangan tiba-tiba sulit digerakkan atau mati rasa merupakan salah satu contoh lemah syaraf. Jika Anda pernah mengalami masalah ini atau masalah serupa yang berhubungan dengan indera perasa, Anda dapat menggunakan daun sirih untuk membantu menyembuhkan masalah ini. Untuk mengobati lemah syaraf dengan daun sirih, jus beberapa lembar daun sirih. Saring dan campur dengan satu sendok madu alami. Minum ramuan ini dua kali sehari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Menyembuhkan Sakit Kepala
Sakit kepala merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling umum dan bisa menyerang siapa saja. Untungnya, daun sirih memiliki sifat mendinginkan dan analgesik yang dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan sakit kepala baik sakit kepala biasa maupun sakit kepala sebelah atau migrain.

khasiat daun sirih

Mengatasi Gangguan Pernafasan
Flu, batuk, ashma, dan berbagai penyakit gangguan pernafasan memang merupakan masalah kesehatan yang umum. Jika Anda mengalami gangguan pernafasan, Anda juga dapat meminum air rebusan daun sirih karena daun sirih sebeanrnya sudah digunakan sejak puluhan atau bahkan ratusan tahun silam oleh nenek moyang kita untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Sembelit
Jika Anda sering sembelit, Anda tidak perlu repot-repot mengkonsumsi obat atau pergi ke dokter karena khasiat daun sirih juga dapat membantu mengatasi sembelit. Untuk mengatasi sembelit, celupkan daun sirih ke dalam minyak jarak. Setelah itu, masukkan daun sirih tersebut ke dalam dubur selama beberapa saat. Hal ini dipercaya dapat mengatasi sembelit.

Meredakan Radang
Daun sirih dapat berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa jenis radang. Orchitis dan arhritis merupakan beberapa contoh radang yang dapat Anda sembuhkan menggunakan daun sirih yaitu dengan meminum air sari rebusan daun sirih.

Menyembuhkan Sakit Tenggorokan
Bagi Anda yang mengalami sakit tenggorokan dan belum kunjung sembuh, Anda bisa mencoba ramuan daun sirih yang dicampur dengan madu. Zat yang terdapat di dalam daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan sakit tenggorokan.

Mempercepat Penyembuhan Luka
Untuk luka memar atau lecet, khasiat daun sirih dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Cara penggunaannya, Anda dapat mengambil 3 lembar daun sirih. Tumbuk daun sirih sampai halus kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terluka. Setelah itu, perban luka tersebut. Biasanya dalam dua hari luka tersebut akan kering dan sembuh.

Mencegah Kanker Mulut
Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang-orang jaman dulu yang senang mengunyang daun sirih. Walaupun mungkin mereka dulu belum mengenal kanker, mengunyah sirih ternyata dapat membuat mereka terhindar dari kanker mulut.

Menyembuhkan Gusi Berdarah
Gusi berdarah merupakan salah satu masalah yang cukup umum. Hal ini bisa disebabkan karena terkena sikat gigi atau disebabkan oleh hal lain. Untuk menyembuhkan gusi berdarah dengan daun sirih, Anda tidak perlu mengunyahnya tetapi juga rebus daun sirih dalam 3 gelas air, setelah itu, gunakan air rebusan sirih tersebut untuk berkumur-kumur.

Mengatasi Keputihan
Keputihan adalah masalah yang sering dihadapi oleh kaum wanita. Keputihan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor dan membuat kita merasa tidak nyaman. Khasiat daun sirih ternyata juga dapat mengatasi keputihan. Caranya, rebus 10 lembar daun sirih dengan 5 gelas air. Setelah itu, gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh vagina. Lakukan secara teratur. Selain dapat menghilangkan keputihan, daun sirih juga dapat menghilangkan bau tidak sedap dan membuat vagina menjadi kesat.

sumber gambar : http://bit.ly/13kKWlx

Related Keyword:

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder