khasiat daun binahong

Khasiat Daun Binahong

Khasiat Daun Binahong

Khasiat daun binahong memang belum begitu banyak diketahui. Apalagi masyarakat Indonesia juga masih belum begitu familiar dengan daun binahong. Sebenarnya apa itu daun binahong? Binahong yang memiliki nama ilmiah Boussingaultia atau Boussingaultia Cordifolia sebenarnya adalah tanaman obat dari dataran Tiongkok. Di Cina, daun binahong dikenal dengan nama Dheng San Ci. Karena ini merupakan tanaman obat, tentu manfaatnya untuk kesehatan sangatlah banyak. Walaupun di Indonesia masih asing, daun binahong sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat Asia, khususnya orang Korea, Tiongkok, Taiwan, dan lain-lain. Tanaman binahong dikenal memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa. Walaupun tumbuhan ini belum memiliki banyak literatur yang menyebutkan khasiat daun ini, namun daun ini sudah dipergunakan oleh masyarakat luas sebagai tanaman obat. Lalu apa saja khasiat daun binahong ini?

Menyembuhkan Jerawat
Bagi yang mengalami masalah dengan wajah berjerawat, daun binahong dapat memberikan solusi untuk mengatasi jerawat Anda. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, Anda cukup mengambil enam lembar daun binahong, tumbuk daun binahong dan oleskan tumbukan daun binahong tersebut di bagian wajah yang berjerawat. Lakukan hal ini sebelum tidur secara teratur sampai jerawat hilang.

Menghaluskan Kulit Wajah
Selain bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, khasiat daun binahong ternyata juga dapat membantu menghaluskan kulit wajah. Hal ini disebabkan karena daun binahong mengandung asam askorbat. Cara penggunaannya hampir sama dengan cara untuk menghilangkan jerawat yaitu daun binahong ditumbuk dan dioleskan di wajah sebagai masker. Untuk hasil yang lebih maksimal, minum air rebusan daun binahong. Anda bisa menambahkan madu atau gula jawa supaya rasanya enak.

Menyembuhkan Penyakit Maag
Daun binahong ternyata juga dapat membantu mengatasi maag. Untuk menyembuhkan maag dengan daun binahong, Anda bisa langsung mengunyah daun binahong yang sudah dicuci bersih. Jika tidak suka, Anda juga bisa membuatnya menjadi teh.

Mengobati Luka
Daun binahong memiliki kandungan anti mikroba sehingga daun binahong sangat berkhasiat dalam mempercepat penyembuhan luka. Cara pengobatannya, ambil beberapa lembar daun binahong. Setelah itu cuci daun binahong dan remas-remas sampai lembut dan mengeluarkan lendir. Kemudian, tempelkan remasan daun binahong di bagian tubuh yang terluka. Biarkan selama beberapa saat. Khasiat daun binahong ini akan membuat luka cepat kering.

khasiat daun binahong

Menyembuhkan Wasir
Wasir atau ambeien merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak boleh dibiarkan begitu saja karena siapa saja yang pernah mengalami masalah ini pasti akan merasa sangat tersiksa, apalagi saat buang air besar. Daun binahong dapat menjadi obat alternatif untuk menyembuhkan ambeien. Caranya, ambil daun binahong sebanyak 16 lembar dan siapkan 3 gelas air. Cuci bersih daun binahong dan rebus daun tersebut sampai mendidih. Rebus sampai air yang tersisa hanya dua gelas. Untuk menyembuhkan wasir, minum ramuan daun binahong ini satu kali sehari secara teratur. Kandungan saponin dalam daun binahong bekerja efektif untuk menyembuhkan luka atau pembengkakan di usus besar.

Menyembuhkan Batuk
Batuk merupakan virus yang menginfeksi tenggorokan sehingga tubuh berusaha untuk mengeluarkan virus tersebut dengan cara batuk. Namun, daun binahong yang memiliki sifat antivirus dapat mengatasi masalah ini. Untuk menyembuhkan batuk dengan daun binahong, ambil 10 lembar daun binahong. Setelah itu, cuci bersih daun binahong dan rebus hingga mendidih sampai air yang tersisa hanya 1 gelas. Minum ramuan ini satu kali sehari sampai batuk sembuh.

Obat Gatal
Daun binahong mengandung antioksidan dan antimikroba. Kulit yang gatal biasanya disebabkan oleh jamur atau mikroba sehingga sifat antimikroba pada daun binahong dapat membantu mengatasi gatal-gatal. Untuk menyembuhkan gatal-gatal atau eksim kulit, siapkan 15 lembar daun binahong dan 3 gelas air. Rebus daun binahong tersebut hingga tersisa 2 gelas. Minum ramuan ini satu kali sehari. Selain itu, daun binahong juga bisa dioleskan di bagian tubuh yang gatal-gatal.

Menambah Nafsu Makan
Jika anak Anda atau ada sedang mengalami masalah pencernaan atau kurang nafsu makan, khasiat daun binahong juga dapat membantu menambah nafsu makan. Caranya, rebus 5 lembar daun binahong dengan 2 gelas air. Rebus hingga air yang tersisa tinggal 1 gelas. Minum ramuan tersebut satu kali sehari secara teratur.

sumber gambar : http://easyurl.net/78fee

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder