Khasiat Buah Sirsak

Khasiat Buah Sirsak

Di kesempatan ini saya akan mencoba mengulas manfaat dari buah sirsak yang perlu kita ketahui dan tentunya sangat berguna untuk kehidupan sehat kita.

Khasiat buah sirsak

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (Lampung). Buah ini memiliki ciri-ciri kulit buahnya berduri, berwarna hijau tua, daging agak berserat dan berwarna putih serta mempunyai biji berwarna hitam yang terdapat dalam buahnya. Sirsak merupakan buah yang selama ini di anggap berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit kronis, seperti kanker, kekebalan tubuh, dan masih banyak yang lainnya.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20-30cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan “buah” sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya. Buah sirsak memang menawarkan berbagai kandungan positif bagi kesehatan manusia, mulai dari buahnya, daunnya, bahkan pohonnya. Telah banyak diketahui bahwa buah sirsak banyak mengandung vitamin C, kandungan serat dan nutrisi penting lainnya banyak terkandung dalam buah yang banyak ditemui di negara Tropis ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai pohon sirsak yang banyak.

Nah untuk mengetahui aneka macam manfaat yang terdapat/terkandung pada buah sirsak mari kita simak bersama-sama, apa sajakah manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita mengkonsumsi buah sirsak.

  • Buah sirsak memiliki kandungan kalsium sebesar 14 mg/100gr daging. Ditambah lagi ada fosfor dibuah ini sebesar 27/100gr daging. Jumlah ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada tulang, dan bisa membantu merawat tulang agar tidak mudah kropos atau yang biasa disebut osteoporosis.

  • Dengan mengkonsumsi buah sirsak, berarti kita juga dapat membantu untuk mematikan sel yang dapat menyebabkan penyakit kanker secara alami tanpa menimbulkan efek samping dan tentunya aman untuk tubuh kita. Selain itu sirsak juga berguna untuk mengurangi berat badan, rambut rontok serta rasa ingin mutah( mual-mual).

  • Manfaat yang lain ternyata tak lepas dari kandungannya yang banyak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Serat dalam buah sirsak berjumlah sebesar 2.00/100gr. Ini bisa membantu dalam melancarkan pencernaan dan mengatasi susah buang air besar atau yang biasa disebut sembelit.

  • Selain itu terdapat beberapa vitamin yang bisa membantu menjaga mata karena ada Vitamin A sebesar 10SI/100gr.  Maka dari itu sangat dianjurkan untuk menkonsumsi buah sirsak ini secara rutin. Karena kandungannya yang komplit dari mulai untuk menambah tenaga hingga untuk kesehatan mata.

  • Dalam penelitian menyatakan bahwa mengkonsimsi buah sirsak akan mencegah migraine yang kaya akan senyawa riboflavin.

  • Kalium yang ada pada sirsak akan membantu mencegah kram otot, karena kalium berfungsi melakukan kontraksi otot.

  • Buah sirsak kaya akan kandungan Vitamin C, Vitamin C ini merupakan antioksidan alami sehingga bermanfaat  untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta dapat memperlambat proses penuan dini (dapat membuat kita Awet muda). Adapun kandungan Vitamin C yang kita dapat jika mengkonsumsi sirsak, per 100g ialah 20 mg. sehingga jika kita mengkonsumsi 300g berarti kita sudah mencukupi kebutuhan minimum vitamin C, kebutuhan minimum Vitamin C untuk tubuh adalah 60mg.

  • Membantu mencegah anemia, membentuk sel darah merah yang dihasilkan oleh zat besi

  • Sebuah penelitian menyatakan bahwa manfaat sirsak sangat ampuh untuk mengobati hampir semua jenis kanker, yang sedang populer seperti kanker usus, payudara, pankreas, paru-paru, dan masih banyak lagi.

  • Buah sirsak memang biasanya digunakan untuk mengobati pinggang nyeri, wasir/ambien, dan sebagai buah pengembali nafsu makan, cara yang harus kita lakukan sangatlah mudah hanya memblender untuk dijadikan jus, selain itu sirsak dapat digunakan sebagai sari buah alami dan tentunya mempunyai banyak manfaat.

  • Dengan adanya sedikit lemak, sehingga sirsak sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan lemak yang terdapat pada daging sirsak hanya sekitar 0,3 gram per 100 gramnya. Sirsak memiliki rasa asam yang ditimbulkan oleh zat asam organic yaitu non votail, dan yang utama adalah asam isositrat, asam sitrat, serta asam malat.

Nah sekarang kita semua sudah tahukan? hanya dengan mengkonsumsi buah sirsak 300 gram saja, kita bisa memperoleh banyak sekali manfaat, buah ini tergolong buah yang tak begitu mahal, jadi anda tidak terlalu pusing untuk mengeluarkan uang banyak. Sekian review tentang Khasiat Buah Sirsak. Dan semoga bisa bermanfaat bagi anda untuk lebih selektif dalam memilih buah yang bermanfaat bagi tubuh.

Sumber gambar : http://easyurl.net/5a35e

Related Keyword: