Keselamatan Kerja

Kesehatan dan keselamatan kerja alias K3, adalah factor penunjang agar suasana nyaman dan aman saat bekerja, tetap terjaga. Para pekerja atau pun masyarakat yang berada di sekitar lokasi kerja, harus mendapat jaminan keselamatan, dan tentu saja kesehatan. Hal ini juga merupakan sebuah usaha, agar angka kecelakaan saat bekerja dapat dikurangi seminimal mungkin.

Kehadiran K3 ini muncul saat revolusi industry begitu gencar dilakukan di Eropa, seperti Inggris, Perancis, dan Jerman. Pada era ini, industry mulai bergeser dari tenaga manusia, menjadi menggunakan berbagai alat dan mesin untuk mempermudah dan memperbanyak kuantitas produksi.

Pada mulanya, kecelakaan dalam bekerja, dianggap sebagai resiko pekerja. Sehingga perusahaan atau pengelola terbebas dari tuntutan. Dan dalam perkembangannya, kemudian menjadi tanggung jawab pengelola, perusahaan, pekerja, dan masyarakat yang ada di lingkungan tempat bekerja tersebut.

Di Indonesia sendiri, kesadaran akan keselamatan kerja telah dicanangkan sejak jaman pendudukan Belanda, tepatnya pada 1908. Kala itu, pemerintah Hindia Belanda mendesak adanya sebuah aturan sesuai kondisi ekonomi regional tertentu, agar tetap menjaga safety. Dan, di era modern ini, SOP atau Standard Operation Procedure berkaitan sangat erat dengan K3.

Keselamatan Kerja

Adapun beberapa hal yang harus dilakukan untuk memenuhi K3 adalah, perlindungan diri standar, seperti menggunakan helm di areal pabrik, sepatu yang sesuai dan memiliki lapisan besi, hingga pakaian yang disesuaikan dengan kondisi pekerjaannya. Jadi, tak mungkin seorang pemadam kebakaran, menggunakan pakaian layaknya perenang professional.

Adanya peraturan mengenai K3 ini, tak lain bertujuan untuk member pelindungan bagi para pekerja. Selain itu, tujuannya juga untuk mengangkat derajat kesehatan masyarakat khususnya para pekerja ke tingkat yang setinggi-tingginya. Kemudian, untuk menempatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan si pekerja itu sendiri baik dalam hal mental maupun kondisi fisiknya.

Masalah Occupational Health di Indonesia, juga telah diatur dalam undang-undang negari, yaitu UU keselamatan Kerja No. 1 tahun 1970. Dengan adanya UU Keselamatan Kerja ini,  tentu dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja, menjamin suatu proses produksi berjalan teratur dan sesuai rencana, sehingga memberi perlindungan keselamatan bagi para pekerja dalam melakukan pekerjaannya. Selain itu, UU ini juga berguna untuk kesejahteraan dan meningkatkan produksi serta produktivitas nasional.

Lebih lanjut lagi, kesehatan kerja juga memiliki hubungan erat, karena merupakan salah satu elemen kunci dari K3. Adapun ebberapa hal yang melipute kesehatan kerja adalah :

Kapasitas kerja

Maksudnya adalah, sebuah kejelasan mengenai posisi seseorang dalam pekerjaannya. Dengan posisi yang jelas, tentu akan berdampak positif bagi kinerjanya. Selain itu, gizi juga harus diperhatikan, untuk memastikan sekaligus menjaga stabilitas kerja seseorang.

Beban kerja

Beban kerja yang diberikan, sudah selayaknya jika disesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas si pekerjanya. Karena, jika kualifikasinya kurang dari yang disyaratkan, maka sudah pasti pekerjaan tersebut tak akan selesai dengan baik. Beban kerja yang terlalu banyak juga dipastikan dapat mengganggu kondisi kesehatan.

Beban tambahan

Beban tambahan disini berarti hal-hal lain yang memiliki resiko terhadap pekerja, seperti kebisingan, debu, dan lain sebagainya. Kebisingan juga menjadi salah satu poin dalam K3. Berbagai alat yang digunakan untuk bekerja, khususnya pekerjaan berat seperti konstruksi, bengkel, dan lain sebagainya, memiliki banyak peralatan dengan tingkat kebisingan bervariasi. Ini perlu dijaga agar suara-suara tersebut masih berada di ambang batas aman, sehingga tidak beresiko merusak pendengaran.

Debu juga menjadi factor alergi bagi beberapa orang. Bagi yang tak memiliki alergi debu, bias saja penglihatan menjadi terganggu, akibat terjangan debu.

Sumber gambar : http://yantekbansel.files.wordpress.com/2013/03/safety-equipment.jpg

Related Keyword:

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder